MAHASISWA S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG DALAM AJANG APA BEST PAPER 2020 OLEH IKATAN AKUNTAN INDONESIA

Penulis: Jihan Afia Karunia (Mahasiswi S1 Akuntansi)

APA Best Paper 2020 merupakan satu dari beberapa ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) pada Aspiring Professional Accountants Festival (APA Fest 2020) yang dieskalasi hingga menembus ranah global. APA Best Paper sendiri merupakan kompetisi kepenulisan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa akuntansi seluruh Indonesia, dimana didalamnya memuat gagasan kreatif serta memberikan sumbangsih pemikiran atas profesi dengan sudut pandang penyelesaian masalah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, APA Best Paper tahun ini diselenggarakan full secara online.

Saya, Jihan Afia adalah mahasiswa prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang juga turut serta dalam ajang APA Best Paper 2020 atas rekomendasi dari Ibu Putri Nurmala, S.E., M.Si. melalui kepenulisan Karya Tulis Ilmiah saya yang berjudul “Berkurangnya Profesionalisme dan Skeptisme Akuntan sebagai Akibat Time Budget Pressure”. Dalam kepenulisan tersebut saya memberikan analisis serta sintesis dalam bentuk permodelan sederhana dengan sudut pandang KAP terkait pengaruh time budget pressure yang dapat menyebabkan berkurangnya profesionalisme dan skeptisme akuntan publik, sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan turunnya kepercayaan publik terhadap profesi akuntan publik.

apa1

Kepenulisan KTI saya dalam ajang APA Best Paper membawa saya menjadi salah satu Semifinalis 10 besar dalam ajang tersebut, sehingga dalam waktu dua hari harus menyelesaikan video presentasi mengenai KTI yang diunggah dalam kanal YouTube pribadi saya. Lalu, pada tanggal 9 November 2020, saya berhasil masuk pada tahap Grand Final APA Fest 2020 yang akan memperkuat argumen serta menjawab segala pertanyaan di hadapan para juri yaitu Prof. Sri Mulyani, Prof. Nunuy Nuraifah, dan BOD IAI. Sehingga, dari tahap tersebut, saya telah menjadi salah satu Finalist Top 5 APA Best Paper 2020.

Menjadi salah satu Finalist Top 5 APA Best Paper 2020 memberikan banyak benefit yang masih saya terima dan nikmati manfaatnya hingga saat ini, seperti:

  1. Sertifikat Finalis;
  2. Paket Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan buku terbitan IAI;
  3. Free iuran Keanggotaan IAI sebagai IAI Muda dalam satu tahun;
  4. Beasiswa penuh ujian sertifikasi Chartered Accountant (CA) Indonesia;
  5. Mendapatkan undangan secara free pada beberapa workshop, pelatihan, dan webinar;
  6. Berkesempatan magang dan beprioritas bekerja setelah lulus dari Corporate Partner IAI, sesuai ketentuan.

 

Ed by J