DAUR ULANG UNTUK GAYA HIDUP HIJAU
Pemanfaatan Limbah Botol Bekas Plastik Untuk Pot Tanaman Yang Unik dan Kreatif

By admin 16 Jul 2022, 09:49:09 WIB PKM Mahasiswa
DAUR ULANG UNTUK GAYA HIDUP HIJAU

Akhir-akhir ini limbah plastik bekas botol minuman disektar kita semakin meningkat. Bertambahnya jumlah sampah berdampak yang cukup buruk kepada lingkungan. Sampah dalam bentuk plastik susah diuraikan. Sudah seharusnya ada suatu cara untuk mengolah atau pemanfaatan limbah plastik bekas ini. Dalam pengolahannya kita dapat memikirkan aspek ekonomisnya pula, agar kita terpicu untuk terus me-recycle alias mendaur ulang limbah botol palastik bekas untuk menyelamatkan eksistensi bumi tercinta omestic. Dan bila limbah industry ini dibuang langsung kelingkungan akan menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industry maupun omestic yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak di kehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa pemanfaatan botol bekas ini merupakan pemanfaatan yang sangat memudahkan untuk masyarakant pecinta tanaman dengan harga terjangkau. Sudah banyak masyarakat Indonesia yang mengembangkan usaha dalam hal ini. Dengan usaha ini, maka masyarakat dapat menghasilkan uang untuk menambah pendapatan. Selain itu, juga dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang sangat besar. Sehingga, perekonomian masyarakat juga dapat mengalami peningkatan. Dengan demikian, masyarakat akan semakin semangat dalam menjalankan bisnis ini dan menjadi lebih kreatif.

Pada hari minggu  Tanggal 29 Mei 2022 Mahasiswa Prodi Akuntansi melakukan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat (PmKM) yang terdiri atas nama Indah Jayanti Ninngrum ,Sri Suci Rahayu. Slamet Susanti , Rina Rahmania didampingi dan dimbimbing oleh Dosen Ibu Siti Mundiroh,S.,S.,M.Ak.

Objek yang kami ambil dalam kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat ini ialah anak-anak yayasn yatim dhuafa. Pengabdian mahasiswa kepada masyarakat ini memfokuskan pada ruang lingkup Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian dengan Membuat pot tanaman dari botol plastik bekas dalam upaya pemanfaatan botol bekas plastik untuk pot tanaman yang unik dan kreatif.  Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan materi serta praktik kepada anak-anak yayasan yatim dhuafa. 

Tujuan diadakannya pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah untuk anak-anak yayasan yatim dhuafa  memberikan pemahaman dan memberikan edukasi kepada anak-anak terkait bagaimana mengembangkan ide kreatif membuat pot tanaman dari botol bekas plastik , serta manfaat bptol bekas plastik yang bisa di daur ulang dengan baik.

Kegiatan PmKM ini diawali dengan perkenalan kelompok kami, lalu diikuti dengan pemaparan materi seksama dan dilanjutkan dengan praktik membuat pot tanaman yang unik dan kreatif bersama anak anka yayasan yatim dhuafa

Pemateri memberikan tips kepada anak-anak mengenai bagaimana cara untung meningkatkan kreativitas dan kemandirian dari hasil dari pot tanaman . Selain itu juga kami mengharapkan bahwa pemaparan materi serta praktik ini dapat menjadi motivasi untuk anak-anak bersemangat dalam berkreativitas melalui pot tanaman dan berbagai games yang kami laksanakan

Penulis : Indah Jayanti Ningrum, Mahasiswa Prodi Akuntansi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment