Green Accounting: Strategy, Implementation, and Reflection

By admin 07 Nov 2023, 10:56:45 WIB Seminar Nasional
Green Accounting: Strategy, Implementation, and Reflection

Kamis, 03 November 2023, Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang menyelenggarakan Webinar Nasional "Green Accounting: Strategy, Implementation, and Reflection," acara Webinar ini diadakan secara daring dan berhasil menarik perhatian lebih dari 3,170 mahasiswa/mahasiswi Universitas Pamulang serta menunjukkan tingginya minat terhadap isu-isu lingkungan dan akuntansi berkelanjutan di kalangan mahasiswa/mahasiswi.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan sesi registrasi peserta zoom. Para peserta melakukan pendaftaran dan memasuki platform webinar dengan antusias. Ini adalah langkah awal yang penting untuk memastikan kelancaran acara. Acara dilanjutkan dengan  pembukaan acara yang dibawakan oleh pembawa acara (MC). MC memberikan sambutan hangat kepada para peserta dan memperkenalkan acara Webinar Nasional ini. Sesi ini menciptakan suasana yang penuh semangat untuk memulai acara.

Dilanjutkan dengan laporan singkat tentang tujuan dan latar belakang acara oleh Ketua Program Studi Sarjana Akuntansi. Laporan ini memberikan konteks tentang mengapa topik akuntansi berkelanjutan menjadi penting dalam konteks pendidikan. Serta Sambutan Ketua Yayasan Sasmita Jaya yang diwakili sekretaris Yayassan, merupakan momen penting dalam acara ini. Dalam sambutannya sekretaris Yayasan memberikan pandangan penting terhadap pentingnya keberlanjutan serta dampak lingkungan dalam dunia akuntansi, lanjut disambung dengan Sambutan Rektor Universitas Pamulang yang diwakili oleh Wakil Rektor 1, Dr. Ubaid Al Faruq S.Pd., M.Pd yang menjadi sorotan utama. Dalam sambutan sekaligus pembukaan acara webinar, wakil rektor 1 menggarisbawahi urgensi pemahaman dan praktik akuntansi berkelanjutan dalam dunia bisnis.

Webinar Nasional bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam terkait strategi, implementasi, dan refleksi dengan akuntansi berkelanjutan. Isu-isu keberlanjutan dan pelestarian lingkungan semakin mendesak, dan praktik akuntansi yang berkelanjutan menjadi semakin relevan dalam dunia bisnis dan keuangan.

Dalam Webinar ini menampilkan sejumlah pembicara ahli yang telah memperoleh pengakuan dalam dunia akuntansi berkelanjutan yaitu Prof. Dr. Dian Agustia, S.E., M.Si., Ak., CMA., CA Sebagai Ketua IAI KAPd dan Dekan FEB Universitas Airlangga dan Ibu Ersa Tri Wahyuni, S.E., M.Acc., PhD, CA, CPMA, CPSAK sebagai Anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI serta Dosen FEB di Universitas Padjajaran. Para pembicara membahas berbagai aspek penting, termasuk pengukuran dampak lingkungan, pelaporan keberlanjutan, dan strategi untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam proses akuntansi perusahaan.

Mahasiswa/mahasiswi Universitas Pamulang juga mendapat kesempatan untuk mendengarkan kisah inspiratif dari para praktisi akuntansi berkelanjutan yang telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip ini dalam pekerjaan yang dijalankan. Mereka berbagi pengalaman pribadi, tantangan yang dihadapi, dan dampak positif yang telah mereka ciptakan melalui praktik akuntansi berkelanjutan. Kisah-kisah ini menjadi sumber motivasi bagi para mahasiswa/mahasiswi yang ingin mengejar karier dalam akuntansi berkelanjutan.

Selain presentasi oleh para pembicara, Webinar Nasional ini juga mencakup sesi tanya jawab yang memungkinkan para peserta untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para pembicara. Diskusi yang bermanfaat ini tentunya memberikan pemahaman lebih dalam tentang berbagai aspek akuntansi berkelanjutan dan cara menghadapi tantangan yang mungkin muncul dalam praktik sehari-hari.

Selain memberikan wawasan tentang akuntansi berkelanjutan, webinar ini juga membagikan informasi tentang program pendidikan dan pelatihan yang tersedia bagi mahasiswa/mahasiswi yang ingin mendalami konsep ini lebih lanjut. Peserta diberikan panduan tentang cara mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang akuntansi berkelanjutan, membuka peluang untuk berkarier dalam praktik ini.

Webinar Nasional "Green Accounting: Strategy, Implementation, and Reflection" yang diadakan oleh Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang adalah sebuah inisiatif yang luar biasa. Dengan melibatkan lebih dari 3,170 mahasiswa/mahasiswi, acara ini berhasil membuka mata para peserta tentang pentingnya akuntansi berkelanjutan dan dampaknya terhadap lingkungan. Semoga acara ini menjadi langkah pertama dalam mengubah pandangan dan tindakan para mahasiswa/mahasiswi untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan membangun masa depan yang lebih baik.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment