Edukasi Pemanfaatan Microsoft Excel Sebagai Instrumen Pencatatan Akuntansi Dasar
Guna Mewujudkan Tertib Pengelolaan Laporan Keuangan Pada Pelajar SMP Negeri 175 Jakarta Selatan

By admin 10 Jan 2024, 14:09:47 WIB PKM Mahasiswa
Edukasi Pemanfaatan Microsoft Excel Sebagai Instrumen Pencatatan Akuntansi Dasar

Program Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat P(M)KM menjadi respon akademik terhadap problem sosial yang tengah melanda masyarakat. Universitas Pamulang (UNPAM), melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi, menjalankan kegiatan P(M)KM dengan tema "Edukasi Pemanfaatan Microsoft Excel Sebagai Instrumen Pencatatan Akuntansi Dasar Guna Mewujudkan Tertib Pengelolaan Laporan Keuangan Pada Pelajar SMP Negeri 175 Jakarta Selatan."

SMP Negeri 175 Jakarta Selatan menjadi lokasi pilihan untuk pelaksanaan P(M)KM ini. Dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui edukasi, mahasiswa UNPAM bertindak sebagai fasilitator, memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pemanfaatan Microsoft Excel sebagai instrumen pencatatan akuntansi dasar. Tujuannya adalah meningkatkan keterampilan pengelolaan keuangan siswa/i dan membekali mereka dengan hard skill yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kerjasama yang terjalin antara mahasiswa UNPAM dan SMP Negeri 175 Jakarta menghasilkan kegiatan P(M)KM yang dilaksanakan pada hari Jumat, 10 November 2023, mulai pukul 07.20 hingga selesai. Sasaran kegiatan ini adalah siswa/i kelas 9 SMP Negeri 175 Jakarta. Acara ini turut dihadiri oleh Ibu Khusnul Khuluqi, S.E., M.Ak. selaku Dosen Pembimbing, Ibu Hj. Sri Aisah, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 175 Jakarta, Ibu Nurhasanah, S.Pd., dan beberapa rekan guru sebagai pendamping, serta siswa/i SMP Negeri 175 Jakarta.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC), dilanjutkan dengan doa bersama, sambutan dari Kepala Sekolah, Dosen Pembimbing P(M)KM, dan Ketua Pelaksana kegiatan. Materi utama, berjudul "Edukasi Pemanfaatan Microsoft Excel Sebagai Instrumen Pencatatan Akuntansi Dasar," disampaikan dengan interaktif dan menggunakan metode flashcard untuk memudahkan pemahaman.

Setelah materi, kegiatan dilanjutkan dengan games sebagai pencair suasana dan sesi tanya jawab yang melibatkan partisipasi aktif siswa/i. Pada akhir acara, hadiah diberikan kepada pemenang games dan siswa/i yang bertanya pada sesi tanya jawab. Kegiatan ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada seluruh siswa/i, plakat ucapan terima kasih dari Dosen Pembimbing dan mahasiswa UNPAM kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 175 Jakarta Selatan, dan diakhiri dengan sesi foto bersama. 

Melalui kegiatan ini, UNPAM berhasil memberikan kontribusi positif dalam peningkatan keterampilan akuntansi dasar siswa/i, menciptakan atmosfer edukatif yang interaktif, dan memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dengan sekolah di wilayah Jakarta Selatan.

Penulis : Ardi Riantoro dkk




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment