Pekan Imiah Mahasiswa “Aktualisasi Generasi Muda Inovatif Melalui Pengembangan Riset”

Penulis: Yenni Cahyani, S.E., M.M.

whatsapp-image-2020-10-06-at-16-20-29-1

Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) merupakan kegiatan pertemuan puncak perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh Program Studi Sarjana Akuntansi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa. Kegiatan ini memberi peluang kepada mahasiswa untuk memaparkan karya kreatif dan inovatif berupa presentasi penelitian ilmiah sesuai dengan konsentrasi masing-masing mahasiswa di Program Studi Sarjana Akuntansi yang hasilnya dipresentasikan pada forum ilmiah kampus. Wadah ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi dan wahana belajar yang baik bagi para mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang.

Kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM)  ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi Bapak Dr. Endang Ruhiyat, S.E., M.M., CSRA., CMA  yang sekaligus melakukan Pembukaan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) pada tanggal 15 Agustus 2020 secara online melalui zoom online yang juga dihadiri oleh Kaprodi Akuntansi ibu Effriyanti, S.E., Akt., M.Si., CA, dan kegiatan ini selain dihadiri oleh mahasiswa peserta PIM sejumlah 547 mahasiswa dalam pembagian 141 kelompok  dengan  jumlah  judul yang diseminasi sebanyak 141 judul, juga dihadiri oleh para reviewer sebagai berikut : Dr. Holiawati,S.E.,M.Si.CSRA, Nofryanti,S.E.,M.Akt, Dr.Suripto, S.E., M.Akt, Muhammad Sopiana, S.Pd.I, M.Pd., Nisak Ruwah Ibnatur Husnul,S.Pd., M.Pd.

Tema kegiatan Pekan Imiah Mahasiswa adalah Aktualisasi Generasi Muda Inovatif Melalui Pengembangan Riset Pekan Ilmiah Mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang bertujuan sebagai berikut : Mengembangkan kemampuan ilmiah mahasiswa, Mengembangkan wawasan serta kedewasaan akademik mahasiswa, Memantapkan jati diri intelektual mahasiswa sebagai cerminan masyarakat ilmiah, Meningkatkan mutu karya ilmiah mahasiswa. Pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa ( PIM ) diadakan selama 2 waktu yaitu 15 Agustus 2020 dan 22 Agustus 2020 secara online  dengan dibuka menjadi 3 sesi dalam 5 Room dari masing-masing waktu pelaksanaan, Pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) ini diselenggarakan oleh para Dosen  Program Studi Akuntansi yang diketuai oleh  Yenni Cahyani, S.E., M.M dengan Anggota Adhitya Putri Pratiwi, SST.Pa., M.M, Ajimat, S.Si., M.M,  Listya Ike Purnomo, S.E., M.M, Juitania, S.Pd., M.Pd,  Afridayani, S.E., M.M.

Hasil dari Pekan Ilmiah Mahasiswa ( PIM ) setelah melalui penilaian dari para Reviewer menghasilkan Mini Riset Terbaik dengan score  87, Kode Kelompok 134H yaitu   Alfina Ramadhani,  Florida Yuliana Pati, Yudi Setiawan, Armandihas  dengan Dosen Pembimbing     Dr. Holiawati,S.E.,M.Si.CSRA  dengan judul “ Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Tax Avoidance”, pemenang Mini Riset Terbaik ini berhak mendapatkan Sertifikat serta uang tunai. Hasil kegiatan Pekan Ilmiah ini akan menghasilkan Output publikasi jurnal prosiding sebagai bentuk output kegiatan ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa dengan melibatkan para dosen dalam pembimbingan mini riset ini. Kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) ini akan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya dari Program Studi Akuntansi, kegiatan ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi yang telah mendapatkan mata kuliah Metodologi Penelitian  baik Regular A, Reguler B dan Reguler C, dalam rangka untuk terus mengembangkan kemampuan ilmiah mahasiswa dan mengembangkan wawasan serta kedewasaan akademik mahasiswa dalam menghasilkan karya – karya riset mahasiswa.

Ed.by J