PRESS RELEASE PKM DOSEN ”PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS EMKM MELALUI SI APIK”

Penulis: Afridayani, S.E., M.M

1

Pengabdian Kepada Masyarakat dapat diartikan sebagai respon akademik masyarakat kampus atas kebutuhan, tantangan atau persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan umum dari mendampingi UMKM binaan Rumah Pemberdayaan Masyarakat adalah agar peserta dapat menganalisis dan memahami proses penyusunan laporan keuangan, menginput transaksi keuangan serta mengaplikasikan hasil pendampingan untuk menunjang penyusunan laporan keuangan melalui aplikasi Si Apik.

Adapun bentuk kegiatan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan tema pendampingan penyusunan laporan keuangan. Dengan para pengajar dan narasumber yang dilibatkan adalah para Dosen Program Studi Akuntansi dari Universitas Pamulang yang diketuai oleh Ibu Lyandra Aisyah Margie, S.E., M.M., dengan Anggota Ibu Afridayani, S.E., M.M., Ibu Yenni Cahyani, S.E., M.M., dan Ibu Khotimatus Sadiyah, S.Si., M.M.. Hasil Pelaksanaan PKM yang telah dilakukan pada tanggal 24 sampai 28 februari 2020 adalah pemahaman UMKM yang didampingi mengenai pengetahuan dasar pembukuan keuangan dan kemampuan pengoperasian aplikasi Si Apik dalam rangka penyusunan laporan keuangan menjadi meningkat. UMKM yang didampingi pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini sudah mampu melakukan proses instalasi dan mengoperasikan aplikasi untuk pencatatan keuangan usahanya sendiri. Hal ini dibuktikan juga dengan antusiasme peserta ketika mengikuti pendampingan sangatlah baik.

Laporan keuangan yang dihasilkan melalui aplikasi Si Apik pada dasarnya adalah laporan yang bukan bertujuan umum, namun sudah layak apabila digunakan oleh Lembaga Keuangan untuk penilaian kelayakan usaha dalam pemberian kredit sehingga laporan keuangan ini dapat digunakan untuk pengajuan pembiayaan pada Lembaga Keuangan.

Editor by Juli