Antusias Pedagang Bakul & Kios terima BUSA dari Dosen Universitas Pamulang

1 2

Busa (Buku Saku) yang diberikan kepada pedagang bakul dan kios di Dusun Somodaran Banyuraden Yogyakarta, oleh ketua pelaksana pengabdian masyarakat dan dosen program studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang kepada Kepala Dusun Somodaran Banyuraden Yogyakarta. (LS)

Sore yang hangat dengan secangkir teh dan semangkuk soto segar ala Dusun Somodaran Banyuraden Yogyakarta membuat suasana sore semakin hangat dan akrab. Para dosen Universitas Pamulang disambut dengan penuh kehangatan dan kekeluargaan oleh kepala dusun, Sekretaris Desa Banyuraden, dan pedagang bakul/kios. Mata pencaharian penduduk Dusun Somodaran Banyuraden kebanyakan sebagai petani dan tidak sedikit juga penduduk mempunyai pekerjaan sebagai pedagang bakul dan kios, untuk itulah dosen S1 Akuntansi Universitas Pamulang melirik daerah ini untuk melakukan pengabdian Masyarakat dengan program “Jelajah Desa”. Disela-sela waktu dari pedagang bakul dan kios dalam melakukan kegiatan usaha nya, akan mempunyai manfaat lebih jika di upgrate skill dalam strategi kewirausahaan dan pengelolaan keuangan, untuk itu tim Dosen Universitas Pamulang memberikan Busa (Buku Saku) yang simple dan menarik kepada para pedagang bakul dan kios.

3

Ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat  dosen dan didampingi oleh Tim Pengembang bidang Pengabdian Masyarakat Program Studi S1  Akuntansi Universita Pamulang, Sri Nitta Crissiana Wirya Atmaja dan Listya Sugiyarti, mengatakan Dusun Somodaran Banyuraden Yogyakarta berpotensi besar untuk dikembangkan atas skill bidang kewirausahaan dan pengelolaan keuangan usaha para pedagang bakul dan kios tersebut.

4

Antusias Seorang Pedagang Bakul untuk memahami isi BUSA

Program “Jelajah Desa” kesekian kalinya dalam Pengabdian Masyarakat Universitas Pamulang yang dilaksanakan pada 22-24 Februari 2019, dan diharapkan dapat menjadi forum berbagi wawasan antara para dosen dengan kelompok pedagang di Dusun Somodaran Banyuraden Yogyakarta.

Menurut Sri Nitta Crissiana Wirya Atmaja, kegiatan tersebut diikuti oleh 20 dosen yang langsung terjun ke lokasi, bersama dengan 60 pedagang bakul/kios Dusun Somodaran Banyuwangi Yogyakarta. Tema dari  program “Jelajah Desa” dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat adalah ” Strategi Menumbuhkan Semangat Jiwa Kewirausahaan,  Pengenalan Tata Kelola dan Pengaturan Keuangan” bagi pedagang bakul/kios di Dusun Somodaran Banyuraden Yogyakarta.

7

Pemberian Materi oleh Narsum kepada peserta PKM

Berbagai pertanyaan muncul di forum terbuka yang digelar dengan penuh kehangatan, kekeluargaan dan semangat luar biasa, salah satunya pertanyaan tentang bagaimana Busa (Buku Saku) yang diberikan dapat memberikan solusi atas usaha-usaha yang telah mereka lakukan selama ini.

5

Pemberian Piagam Penghargaan kepada Kepala Dusun Sumodaran Banyuraden, Yogya

6

Pemberian Cinderamata kepada Sekretrasis Desa Banyuraden, Yogya

Sementara itu Kepala Dusun Sumodoran Banyuraden Yogyakarta,  Hadi Istanto, mengatakan dan apresiasi sebesar-besarnya atas kehadiran para dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang, dan kedepannya diharapkan para pedagang bakul/kios tersebut mendapatkan binaan dari berbagai bidang wawasan. Ditambahkan lagi oleh Sekretaris Desa Banyuraden Yogyakarta, Hendy Indra Utama, SIP mengatakan bahwa dukungan Tri Dharma PT yang rutin dilaksanakan oleh para Dosen Universitas Pamulang dapat memiliki output yang baik seperti Busa (Buku Saku) yang diberikan kepada para pedagang bakul/kios sangat membantu mereka.

8

Ice Breaking peserta Pengabdian Masyarakat

Suasana Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat semakin akrab ketika Tim Dosen memberikan Ice Breaking Kepada Para Pedagang Bakul dan Kios, menurut Fitri Saghanta sebagai Leader dibagian Ice Breaking ini para peserta sangat antusias dan pro aktif dalam mengikutinya. (LS)