Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Penerapan Manajemen Keuangan Keluarga

By admin 22 Nov 2022, 10:30:10 WIB PKM Dosen
Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Penerapan Manajemen Keuangan Keluarga

Dosen Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan di ‘Aisyiyah Ranting Kp. Kebon, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. ‘Aisyiyah merupakan salah satu organisasi otonom bagi wanita Muhammadiyah yang didirikan di Yogyakarta Pada 27 Rajab 1335 H atau bertepatan dengan tanggal 19 Mei 1917 oleh Nyai Ahmad Dahlan. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini menjadi bagian dalam kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang merupakan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini diinisias oleh dosen-dosen Program Studi Sarjana Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, diantaranya yakni oleh I Gede Adi Indrawan, S.Ikom., Suharna, S.E., M.M.,  dan Jimmy Paulino Ginting Putra, S.E., M.Ak. Tema yang dibahas dalam penyelenggaraan kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini yakni mengenai “Manajamen Keuangan Keluarga”. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini berlangsung pada 20 November 2022 bertepatan dengan Muktamar Muhammadiyah ke-48.

Para anggota yang tergabung dalam organisasi Aisyiyah Kota Depok mayoritas merupakan ibu rumah tangga yang tidak bekerja, sehingga mengutamakan pendapatan hanya dari suami atau kepala rumah tangga, mereka memiliki anak sebanyak rata-rata 2-4 orang anak dalam usia sekolah, sedang mereka dihadapkan dengan keadaan perekonomian yang saat ini sedang dalam masa sulit akibat dampak pandemi COVID-19 dan kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak). Ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi Aisyiyah Ranting Kp. Kebon mayoritas juga berasal dari kalangan menengah dan menengah kebawah, tentu ini menjadi potensi untuk menjadi permasalahan karena dana yang beredar dalam keluarga tidak cukup besar tetapi dapat melakukan kegiatan manajemen keuangan keluarga untuk masa depan. Permasalahan yang umum terjadi pada ibu rumah tangga adalah ketidakpahaman dalam melakukan pengelolaan keuangan dalam keluarga? Bagaimana cara mengelola keuangan dalam keluarga yang baik sehingga tidak menimbulkan defisit pada keuangan keluarga? Akibat kekurangpahaman tersebut banyak masyarakat khususnya ibu rumah tangga yang kesulitan dalam mengatur dan mengelola keuangan dalam keluarga. Maka edukasi yang menyeluruh melalaui kegiatan sosialisasi dan pelatihan terkait apa itu manajemen keuangan keluarga, manfaat apa saja yang dapat dirasakan dalam penerapan manajemen keuangan keluarga, bentuk-bentuk manajemen keuangan keluarga, bagaimana mengelola manajemen keuangan keluarga, serta risiko apa saja yang dapat dialami selama melakukan manajemen keuangan keluarga sangat perlu untuk dapat dipahami dengan baik.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dibuka langsung oleh Ibu Sumiyati, S.Pd yang merupakan pimpinan ‘Aisyiyah Ranting Kp. Kebon, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Ibu-ibu angggota ‘Aisyiyah Ranting Kp. Kebon terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan. Banyak pertanyaan yang mereka ajukan untuk dosen-dosen saat materi tengah disampaikan. Kegiatan yang diakhiri oleh puluhan anggota ‘Aisyiyah Ranting Kp. Kebon ini diakhiri dengan penutupan doa dan dilanjutkan sesi foto bersama antara dosen dan seluruh anggota Aisyiyah Ranting Kp. Kebon yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sosialisasi dan pelatihan.

Penulis : I Gede Adi Indrawan, S.Ikom., M.M.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment