TATA KELOLA SDM DAN KUALITAS LAYANAN DENGAN HARGA BERSAING
untuk Meningkatkan Market Share dan Keberlanjutan Usaha Lokal Cizz Cheesecake Friends Cabang BSD

By admin 13 Jan 2023, 17:23:52 WIB PKM Dosen
TATA KELOLA SDM DAN KUALITAS LAYANAN DENGAN HARGA BERSAING

Tangerang Selatan - Dosen dan Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Saarjana Akuntansi menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Usaha Lokal Cizz Cheesecake Friend Cabang BSD , Ruko Golden Madrid 2 Blok F no 7, Jl Letnan Sutopo , Bumi Serpong Damai , Tangerang Selatan Banten, sejak tanggal 01 – 03 Desember 2022, dengan Tema “Tata Kelola SDM dan Kualitas Layanan dengan Harga Bersaing untuk Meningkatkan Market Share dan Keberlanjutan Usaha Lokal Cizz Cheesecake Friends Cabang BSD”

Pengabdian Masyarakat langsung di hadiri oleh owner dari usaha tersebut Bapak Yossy Priyasto Adrianto, Supervisor Dapur, chef, kasir, dan Pramuniaga toko kue. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan sesuai protokol kesehatan, dimana para peserta sebelum masuk ke ruangan sudah di chek suhu dan mencuci tangan, serta diterapkannya social distancing dan diwajibkan menggunakan masker.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang digagasi oleh para mahasiswa dan Dosen ini membahas mengenai bagaimana cara  menjalankan tata kelola SDM dan Kualitas layanan dengan harga bersaing untuk meningkatkan market share dan keberlanjutan Usaha Lokal Cizz Cheecake Friend Cabang BSD, dimana saat ini toko tersebut telah melakukannya dengan baik, hal ini lebih melakukan development untuk meningkatkan nilai jual di mata pelanggan yang rata-rata pelanggan menengah atas dari masyarakat yang tinggal di hunian BSD dan sekitarnya atau pelanggan yang kebetulan lewat atau pelanggan yang sudah loyal sejak toko kue ini berdiri dan pastinya juga pelanggan baru (new Customer). Ibu Listya Sugiyarti  ., S.E., M.M . sebagai ketua PKM dari Universitas Pamulang dalam sambutannya menyatakan bahwa Tata kelolah SDM dan kualitas layanan inline ke midset positip , grooming dan service excellent akan mendukung harga bersaing untuk meningkat market share, apalagi saat ini dimana era digital sudah tidak terbendung jadi development selalu harus dilakukan untuk kemajuan usaha Toko Kue.

Selanjutnya dalam paparan yang dilakukan oleh Nara sumber dosen UNPAM Ibu Siti Hanah., S.E., M.M melakukan pemaparan dengan metode pendampingan, sharing , motivation, mentoring dan role play kepada karyawan di tempat usaha ini, dimana goal dari pertemuan ini agar karyawan usaha di toko kue ini dapat memahami tata kelola SDM , Grooming, Mindset service dan service Excelent. Pada paparan grooming di tekankan bahwa dalam melayani pelanggan “Inner Beauty” harus ada dalam jiwa seluruh karyawan, karena didalam inner ini ada kepribadian yang selalu mensyukuri nikmat Allah, sikap positip dan bertanggung jawab hal ini akan tercermin dalam Bahasa tubuh saat melayani pelanggan, dan inner ini juga diikuti oleh spiritual mematuhi norma norma agama dan tata nilai yang berlaku. Jika selauruh karyawan telah melakukan ini , pelanggan pasti akan senang saat visit ke usaha toko kue, sehingga hal ini kemungkinan besar pelanggan akan datang lagi untuk membeli produk dan juga akan bercerita dengan teman atau saudara atau mitra dll dan ini merupakan promosi yang sangat baik untuk usaha toko kue yang saat ini sudah berjalan baik akan lebih meningkat lagi performancenya di mata pelanggan.

Bapak Yossy Priyasto Adrianto sebagai Owner mengucapkan terima kasih atas pendampingan ,  sharing, motivation, mentoring dan roleplay yang telah dilakukan oleh Dosen UNPAM, karena hal ini merupakan bagian dari refreshment training untuk karyawannya yang pada akhirnya akan menambah value karyawan dan usaha toko kue. Bapak Yossy mengatakan synergy antara usaha dan akademisi akan meningkatkan ekonomi kreatif pengusaha khususnya di Tangerang selatan dan masyarakat Indonesia, hal ini sangat baik dan dapat memberikan dorongan pengusaha untuk sama-sama membangun ekonomi kreatif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan Indonesia maju.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa UNPAM ini disertai dengan pembuatan ice breaking dan yel yel  yang bertujuan untuk menjalin silahturahmi antara Universitas Pamulang dengan Usaha Lokal Cizz Cheesecake Friends Cabang BSD.  Dosen dan mahasiswa UNPAM serta karyawan, sangat antusias dalam acara ice breaking dan yel yel  di kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Selain bertujuan menjalin silahturahmi acara ice breaking dan yel yel  ini juga bertujuan untuk menjaga kesehatan agar dapat meningkatkan imunitas tubuh para dosen, mahasiswa dan karyawan yang mengikuti acara  tersebut.

Acara terakhir dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat diakhiri dengan pemberian       cinderamata yaitu  tali kasih yang diserahkan oleh ibu Siti Hanah., S,E., M.M.,  Kepada Bapak Yossy Priyasto Adrianto sebagai Owner Usaha Lokal Cizz Cheesecake Friends Cabang BSD

Penulis : Siti Hanah., S.E., M.M, Dosen Prodi Akuntansi Program Sarjana




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment