Sosialisasi Terhadap Investasi Bodong

By admin 06 Des 2022, 14:22:57 WIB PKM Dosen
Sosialisasi Terhadap Investasi Bodong

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) menjadi sebuah agenda rutin yang wajib dilakukan seorang dosen selain mengajar dan meneliti. Salah satu bentuk wujud kegiatan PKM yaitu memberikan edukasi, literasi dan publikasi serta penyuluhan kepada masyarakat umum baik di media cetak ataupun media elektronik. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat kali ini mengangkat tema “Sosialisasi Terhadap Investasi Bodong” yang dilaksanakan secara tatap muka pada Hari Sabtu, 8  Oktober 2022 mulai pukul 09:00 – 12:00 di SMK Techno Media Jl. Kodiklat TNI Ampera No.1, Buaran,Kec. Serpong. Kota Tangerang Selatan

Dalam kegiatan ini Turut hadir Bapak Riyon, S. Ikom selaku koordinator dari SMK Techno Media, para guru, dan siswa/i SMK Techno kelas XI dan XII. Dari pihak Universitas pamulang dihadiri oleh Desi Jelanti selaku Ketua PKM Dosen, Reni Astuti, S.E., M.Ak. selaku Narasumber, Fitriyah, S.E., M.Ak. selaku moderator.

Adapun acara tersebut menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, perwakilan dari akademisi Reni Astuti, S.E., M.Ak. selaku Dosen Universitas  Pamulang dan juga sebagai Manager finance accounting & tax di PT Quiros networks.

Dalam kegiatan ini Reni Astuti S.E.,M.Ak sebagai  narasumber menyampaikan banyak bahasan perihal bagaimana seharusnya kita menilai dan memilih investasi yang aman dan menguntungkan dengan mengacu pada dua hal dasar yaitu logis dan legal. Logis artinya berfikir logis baik dari segi return maupun cara mekanisme investasinya dan legal dengan melihat bagaimana secara perijinan perusahaan investasi tersebut, apakah telah mendapat ijin dari otoritas yang menaunginya baik OJK untuk Pasar Modal dan Bapebti untuk Pasar Uang transaksi pada Future (Forex, indeks, komoditi, minyak dan emas). Seringkali harapan investor dalam melakukan investasi mengharap return yang tinggi dalam waktu yang singkat yang pastinya resikonya pun harusnya tinggi, demikian sebaliknya jika return rendah biasanya resikonya juga rendah.

Cara Mudah untuk mengenali investasi bodong diantaranya informasi terkait proses bisnis investasi tidak jelas, menawarkan bonus jika berhasil mendapatkan anggota baru, menjanjikan keuntungan yang tidak wajar dalam waktu singkat dan tanpa resiko, menjanjikan asset yang diinvestasikan aman dan memberikan jaminan pembelian kembali seperti buyback. Pada Praktik penipuan berkedok investasi akan tumbuh subur bila masyarakat malas berpikir kritis dan logis dalam berinvestasi. Dikarenakan minimnya wawasan masyarakat terhadap jenis investasi serta adanya mental dan etos kerja ingin kaya mendadak tanpa kerja keras (instan).

Kemudian narasumber menjelaskan bagaimana cara untuk menghindari jenis-jenis dari penipuan tersebut antara lain : Apabila ada penawaran investasi yang mengiming-imingi keuntungan atau janji-janji imbal hasil tinggi di atas rata-rata pasar dalam jangka waktu singkat, Jangan langsung termakan bujuk rayu penjual yang memaksa anda untuk membuat keputusan saat itu juga, sekalipun penjual itu adalah orang yang anda kenal baik, Perusahaan investasi tipuan biasanya akan menunjukkan profil perusahaan yang tampak profesional dengan harapan masyarakat dapat yakin kredibilitas mereka. Namun, bila dibaca saksama, ada kejanggalan, misaInya ketidakjelasan manajemen pengurus, kinerja investasi, maupun laporan keuangan yang lengkap dan sudah diaudit, dan ketiadaan izin penawaran investasi dari lembaga pengawas pemerintah (Bank Indonesia atau OJK).

Penyampaian materi disambut antusias oleh siswa/i SMK techno Media. Hal ini terlihat pada sesi Tanya jawab dan diskusi yang terjadi antara peserta dengan narasumber, Bapak Riyon, S.Ikom., mengatakan bahwa “ kegiatan seperti ini sangat positif bagi siswa/i SMK techno sebagai bekal dalam memilih investasi , karena mereka bisa mendapatkan pengetahuan mengenai berpikir kritis dan logis dalam berinvestasi dan harapannya mampu meminimalisir terjadinya kerugian yang ditimbulkan masyarakat karena kasus investasi bodong.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian doorprize bagi para peserta yang aktif bertanya dan berdiskusi selama kegiatan berlangsung, dilanjutkan foto bersama dengan dosen Universitas Pamulang dan pihak SMK Techno Media, kemudian ditutup dengan pembacaan do’a.

Penulis : Desi Jelanti S.E., M.Ak Dosen Prodi Akuntansi Program Sarjana




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment