Sosialisasi Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Pada Jawara Depok

By admin 08 Nov 2022, 16:51:32 WIB PKM Dosen
Sosialisasi Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Pada Jawara Depok

Dosen Program Studi Akuntansi Program Sarjana Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, dalam rangka mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Tema yang diangkat kali ini yaitu "Sosialisasi Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Pada Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok". Kegiatan ini berlangsung secara tatap muka pada hari Minggu, 06 November 2022 di Resto Kampung Sijalu, Jalan Pondok Seruni No. 12 Cinangka, Sawangan, Depok.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Bapak Ir. Dedi Ruhimat., selaku Ketua Jaringan Wirausaha (Jawara Depok) Kecamatan Bojongsari dan para anggota, pelaku UMKM atau Wirausaha di Kecamatan Bojongsari, Depok.

Dari pihak Dosen Universitas Pamulang dihadiri oleh Khusnul Khuluqi, S.E., M.Ak. selaku Ketua PKM Dosen, Andry Sugeng, S.E., M.Ak. selaku Narasumber, Regina Deia Soeparyono, S.E., M.Ak. selaku Penyuluh, dan perwakilan dari mahasiswa Program Studi Akuntansi Program Sarjana Universitas Pamulang.

Dalam kegiatan ini, narasumber memberikan sosialisasi mengenai strategi bisnis dalam persaingan setelah era pandemi covid hampir berakhir. Dimulai dari pendekatan SWOT (Analisis SWOT) dimana para wirausaha harus mampu menganalisa bisnisnya dari faktor internal usahanya yaitu kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness) usaha yang dijalaninya. Kemudian juga harus mampu menganalisa dari faktor eksternalnya, yaitu peluang (opportunity) dan hambatan/ancaman (threats) terhadap usahanya saat ini. Sehingga setelah mereka mampu menganalisa dari pendekatan SWOT tadi, mereka mampu menyusun dan menerapkan strategi bisnis yang bagaimana yang harus mereka jalankan dan dapat bersaing dengan pelaku-pelaku usaha lainnya. Terakhir, Narasumber juga menyampaikan beberapa tips menghadapi persaingan bisnis UMKM. Salah satunya yaitu “memperkuat identitas merek atau brand”. Identitas merek terdiri dari nama, logo usaha, kemasan, dan hal-hal lain yang dapat ditangkap oleh penglihatan pelanggan. Identitas merek memiliki tujuan agar produk semakin mudah dikenali dan dibedakan oleh pelanggan dibanding produk dari merek lainnya. Identitas merek juga dapat menjadi penentu kredibilitas dan membentuk persepsi pelanggan. Persepsi yang baik dari pelanggan terhadap merek dapat diasosiasikan dengan persepsinya terhadap kualitas produk yang baik

Penyampaian materi disambut antusias oleh para peserta pelaku UMKM Jaringan Wirausaha Kecamatan Bojongsari, Depok. Hal ini terlihat pada sesi tanya jawab dan diskusi hangat yang terjadi antara peserta dengan narasumber, serta diskusi juga terjadi antara peserta dengan peserta lainnya.

Bapak Dedi Ruhimat., mengatakan bahwa "kegiatan ini sangat positif bagi para pelaku wirausaha khususnya para anggota Jaringan Wirausaha Bojongsari, Depok karena mereka bisa mendapatkan pengetahuan mengenai strategi bisnis apa yang harus mereka jalankan ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat".

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian doorprize bagi para peserta yang aktif bertanya dan berdiskusi selama kegiatan berlangsung, dilanjutkan penyerahan plakat sebagai kenang-kenangan dari tim dosen Universitas Pamulang kepada Ketua Jaringan Wirausaha (Jawara Depok) Kecamatan Bojongsari, Depok kemudian acara ditutup dengan pembacaan do'a dan sesi foto bersama.

Penulis: Andry Sugeng, S.E., M.Ak.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment