SOSIALISASI PERPAJAKAN BAGI USAHA UMKM

By admin 12 Sep 2022, 17:45:28 WIB PKM Dosen
SOSIALISASI PERPAJAKAN BAGI USAHA UMKM

Indonesia memiliki peran penting dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja yang menganggur akibat Pandemi Covid-19 ini. Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya seiring dengan kemajuan teknologi dan potensi sumber daya manusia yang semakin berkembang.

Namun pertumbuhan pesat tersebut tidak lepas dari berbagai permasalahan salah satunya adalah rendahnya kesadaran untuk membayar pajak. Oleh karna itu dosen Universitas Pamulang menjalankan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Gedung Dapur Bandung (Asosiasi UMKM Pondok Petir Sejahtera) Pasar Reni Jaya, Ds. Pondok Petir,Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Depok pada tanggal 15 Mei 2022.

Kegiatan ini dilakukan agar para pelaku usaha UMKM dapat memenuhi kewajiban perpajakannya dengan baik. Terdapat tiga tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut yaitu, Konsep Dasar Perpajakan bagi UMKM, Kewajiban Wajib Pajak kepada Negara dan Peluang Pelaku UMKM setelah Melaksanakan Kewajiban  Perpajakan.

Dari pihak dosen Universitas Pamulang di hadiri oleh Regina Deia Soeparyono, S.E., M.Ak., Aat Sutihat., S.E., M.Ak., Endri Purnomo, S.E., M.Ak BKP dan perwakilan dari mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang.

Kegiatan PKM ini dibuka oleh Ibu Aat Sutihat, S.E., M.Ak. selaku MC selanjutnya sambutan oleh ketua pelaksana PKM oleh Ibu Regina Deia Soeparyono, S.E., M.Ak, Sambutan Koordinator Asosiasi UMKM oleh Ibu Kasih dan Sambutan Ketua Asosiasi UMKM oleh Ibu Erma Sulistyaningsih. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku usaha dalam kegiatan akuntansi usaha mereka.

 

Setelah sambutan disampaikan para peserta diberikan pretest dan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Bapak Endri Purnomo, S.E., M.Ak. penyampaian materi di sambut antusias oleh para Ibu-Ibu dari Asosiasi UMKM Pondok Petir Sejahtera. “PKM kali ini berjalan dengan baik hal ini terlihat dari sesi tanya jawab, para peserta sangat bersemangat dalam bertanya untuk menggali ilmu yang bermanfaat,” ujar Endri Purnomo, S.E., M.Ak

Kegiatan diakhiri dengan pemberian doorprize kepada peserta yang aktif dalam sesi tanya jawab, penyerahan plakat kepada ketua asosiasi dan foto bersama.

Penulis : Regina Deia Soeparyono, S.E., M.Ak.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment