SOSIALISASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UNTUK UMKM DI TANGERANG SELATAN

By admin 02 Jun 2022, 14:17:20 WIB PKM Dosen
SOSIALISASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UNTUK UMKM DI TANGERANG SELATAN

Salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat, kegiatan ini wajib dilaksanakan oleh civitas akademika termasuk juga Universitas Pamulang. Kegiatan ini merupakan bentuk peran ilmu pengetahuan dalam menunjang peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kehidupan masyarakat. Hal inilah yang mendorong dosen Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bernaung di bawah komuniitas Tangsel Berkibar yang dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 22 Mei 2022.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kelompok usaha dengan jumlah pelaku terbesar, dan terbukti dapat bertahan dalam krisis ekonomi yang telah terjadi beberapa kali di Indonesia. Pertimbangan ini juga yang mendorong pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan usaha UMKM yang merupakan kekuatan perekonomian nasional.

Pelaku UMKM seringkali mengalami kesulitan dalam penyusunan laporan keuangan, dimana pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku ini sangat diperlukan bagi para pelaku usaha UMKM sebagai bentuk pertanggungjawaban atas informasi hasil usaha yang dapat digunakan untuk menarik minat investor sehingga para pelaku usaha UMKM ini dapat memperluas usahanya. Oleh karena itu perlu diberikan penyuluhan dan motivasi mengenai pentingnya penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi agar meningkatkan kemauan dan keinginan peserta untuk menggunakan pencatatan akuntansi dalam usahanya.

Acara pada pagi itu diawali dengan pembukaan oleh moderator acara yaitu Ibu Ayumi Rahma, SE., M.Akt. sekaligus mewakili dosen Akuntansi S1 Universitas Pamulang yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bpk. Adi selaku perwakilan dari Kelurahan Sawah. Dalam kesempatan tersebut beliau menceritakan tentang dampak pandemi Covid-19 yang melanda dunia khususnya para pelaku UMKM di Tangsel Berkibar yang kini sudah mulai kembali bangkit.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Ahmad Ridho Fachrizal Chaery, SE., M.Ak yang mengangkat tema mengenai “Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Untuk UMKM di Tangerang Selatan”. Kesimpulan dari pemaparan materi yang disajikan adalah agar laporan keuangan akuntabel dan informasinya dapat diandalkan, laporan keuangan perlu disusun sesuai dengan standar  akuntansi yang berlaku. Dengan adanya laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi, UMKM akan lebih mudah dalam mendapatkan permodalan. Laporan keuangan tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan kredit usaha sehingga usaha peserta dapat lebih berkembang. Laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi juga dibutuhkan dalam pelaporan pajak tiap tahunnya.

Setelah pemaparan materi, kegiatan selanjutnya adalah kegiatan sesi tanya jawab. Sesi ini diawali oleh pertanyaan yang diajukan oleh peserta yaitu Ibu Danny terkait bagaimana cara melakukan penyusunan laporan keuangan yang sederhana. Solusi atas pertanyaan bagus tersebut dipaparkan oleh pemateri yaitu Bapak Ahmad Ridho Fachrizal Chaery, SE., M.Ak. selaku dosen Akuntansi S1 Universitas Pamulang dengan memberikan pemaparan terkait komponen-komponen yang membentuk sebuah laporan keuangan dan juga memberikan contoh sederhananya.  

Acara kemudian ditutup oleh Ibu Ayumi Rahma, SE., M.Akt. selaku moderator acara serta perwakilan dari dosen Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang serta dilanjutkan dengan foto bersama peserta dari kegiatan ini. Melaui kegiatan ini, pada pelaku UMKM diharapkan mampu untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

Penulis: Budi Tri Santoso S.E., M.Akt.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment