Sosialisasi Legalitas Dan Manajemen Usaha Bagi UMKM di Tangerang Selatan

By admin 02 Jun 2022, 14:28:27 WIB PKM Dosen
Sosialisasi Legalitas Dan Manajemen Usaha Bagi UMKM di Tangerang Selatan

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan di Tangsel Berkibar dengan target pelaku usaha UMKM yang ada di Kota Tangerang Selatan. Pelaku usaha tersebut meliputi pelaku usaha makanan, minuman, souvenir, catering, aneka cemilan ringan, aneka frozen dan jajanan tradisional. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada pelaku usaha mengenai faktor pendukung kegiatan usaha yaitu legalitas dan manajemen usaha agar kegiatan usaha yang dilakukan tidak hanya berorientasi pada profit semata, melainkan kegiatan usaha dapat terus berkembang di masa mendatang dengan memperhatikan dan menerapkan faktor pendukung kegiatan usaha. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) diselenggarakan berupa sosialisasi mengenai legalitas usaha khususnya mengenai Pengenalan Merek, Nomor Induk Berusaha (NIB), Legalitas Halal dan Legalitas Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sosialisasi mengenai manajemen usaha khususnya mengenai strategi pemasaran dalam kegiatan usaha. Sosialisasi tersebut disesuaikan dengan permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi oleh pelaku usaha UMKM di Tangsel Berkibar.

Metode pelaksaan kegiatan terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan meliputi pra survei, pembentukan tim, pembuatan dan pengajuan proposal, koordinasi tim PKM dan tangsel berkibar. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan program berupa sosialisasi. Sosialisasi dilakukan melalui penyuluhan (pemaparan materi) dan diskusi. Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi dan pelaporan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kondisi pelaku UMKM sebelum dan sesudah pelaksanaan program dengan metode wawancara dan observasi. Setelah itu, dilakukan penyusunan laporan untuk selanjutnya dilakukan publikasi jurnal. Materi yang disampaikan dalam sosialisasi berupa Pengenalan Merek, Nomor Induk Berusaha (NIB) , Legalitas Halal dan Legalitas Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sosialisasi mengenai manajemen usaha khususnya mengenai strategi pemasaran dalam kegiatan usaha. Pengenalan merek sebagai strategi pemasaran pengenalan mekanisme strategi pemasaran guna peningkatan penjualan. Hasil dan luaran kegiatan setelah dilaksanakan sosialisasi yaitu :

  1. Pelaku usaha mengalami peningkatan pemahaman mengenai fungsi merek dan legalitas merek. Selain itu terdapat pelaku usaha yang mulai menerapkan pendaftaran merek sebagai upaya memperoleh perlindungan hukum terhadap mereknya.
  2. Pelaku usaha mengalami peningkatan pemahaman mengenai merek sebagai strategi pemasaran dan pelaku usaha menerapkan pembuatan merek yang menarik dan “menjual” bagi produk dan jasanya.
  3. Pelaku usaha memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) yang berfungsi sebagai tanda pengenal pelaku usaha, sebagai persyaratan untuk dapat mengajukan izin usaha dan izin komersial atau operasional. 
  4. Pelaku usaha memiliki Legalitas Halal sebagai perlindungan dan kepastian hukum hak-hak konsumen muslim terhadap produk yang tidak halal. Hal ini diperlukan untuk mencegah konsumen muslim mengkonsumsi produk yang tidak halal dan memberikan rasa aman untuk konsumen muslim pada saat mengkonsumsi makanan yang dibelinya.
  5. Pelaku usaha memiliki Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dimana saat ini permintaanya sedang meningkat dikarenakan saat ini bisnis rumahan sedang sangat menjamur di masyarakat Indonesia, khususnya di industri pangan.
  6. Pelaku usaha mengalami peningkatan pemahaman mengenai mekanisme strategi pemasaran dan pelaku usaha telah menerapkan media elektronik sebagai sarana promosi guna peningkatan penjualan.

Dengan dilaksanakannya program ini, maka terjadi perbaikan tatanan nilai masyarakat di bidang pendidikan khususnya bidang ilmu ekonomi dan hukum. Peserta pengabdian kegiatan masyarakat (PKM) yang dilakukan di Tangsel Berkibar dengan tema “Sosialisasi Legalitas Dan Manajemen Usaha Bagi UMKM di Tangerang Selatan”.. Adapun sosialisasi ini dilakukan selama 3 hari berturut – turut pada Jum’at, 13 Mei 2022 hingga MInggu, 15 Mei 2022.

Penulis : Nani Mulyani, S.Kom, M.M




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment