Sosialisasi Implementasi Sistem Pengendalian Manajeman Ringkas Pada UMKM Tangsel Berkibar

By admin 04 Jun 2022, 17:32:19 WIB PKM Dosen
Sosialisasi Implementasi Sistem Pengendalian Manajeman Ringkas Pada UMKM Tangsel Berkibar

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kegiatan ini wajib dilaksanakan oleh civitas akademika termasuk juga Universitas Pamulang. Kegiatan ini merupakan bentuk peran ilmu pengetahuan dalam menunjang peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kehidupan masyarakat. Hal inilah yang mendorong dosen Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bernaung di bawah komuniitas Tangsel Berkibar yang dilaksanakan pada tanggal 27 s/d 29 Mei 2022. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong UMKM untuk  meningkatkan efektifitas dan efisien kerja. Peningkatan efektifitas dan efisien kerja harus diimbangi dengan hubungan yang baik antara para pekerja dengan para manajemen. Agar dapat mempertahankan usaha tersebut, setiap pengusaha harus memiliki sistem pengendalian yang digunakan untuk mengen-dalikan usahanya demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sistem pengendalian sangat diperlukan dalam suatu organisasi karena merupakan salah satu aspek yang terpenting.

Menurut Anthony dan Govindarajan (2005:8), pengendalian manajemen merupakan suatu proses yang dilakukan oleh para manajer untuk mempengaruhi anggota yang ada dalam organisasi agar dapat mengimplementasikan strategi yang ada. Setiap orang di dalam organisasi pasti memiliki tujuan yang berbeda dari tujuan yang telah ditetap-kan. Sistem pengendalian manajemen ini berfungsi untuk membantu para manager agar dapat men-jalankan organisasi yang dimiliki menuju ke arah tujuan yang telah ditetapkan terutama untuk para UMKM Tangsel Berkibar. Aktivitas-aktivitas yang terdapat pada proses pengendalian mana-jemen antara lain perencanaan strategis, penyusu-nan anggaran, analisis laporan kinerja keuangan, ukuran kinerja, dan kompensasi manajemen.

Acara pada pagi itu diawali dengan pembukaan oleh moderator acara yaitu Ibu Jaenal Abidin, S.Pd., M.Akt. sekaligus mewakili dosen Akuntansi S1 Universitas Pamulang yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bpk. Adi selaku perwakilan dari Kelurahan Sawah. Dalam kesempatan tersebut beliau menceritakan tentang dampak pandemi Covid-19 yang melanda dunia khususnya para pelaku UMKM di Tangsel Berkibar yang kini sudah mulai kembali bangkit.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Jarno, SE., M.Akt yang mengangkat tema mengenai “Sosialisasi Implementasi Sistem Pengendalian Manajemen Ringkas Pada UMKM Tangsel Berkibar”. Kesimpulan dari pemaparan materi yang disajikan adalah agar para UMKM pengendalian manajemen yang terdiri dari perencanaan strategis, penyusunan anggaran, dan ukuran kinerja. Perencanaan strategis merupakan suatu proses yang digunakan untuk memutuskan berbagai macam program yang akan dilaksanakan serta alokasi sumber daya pada setiap program terse-but. Tahap-tahap dalam perencanaan strategis terdiri dari perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Anggaran merupakan komponen kunci dari suatu perencanaan. Anggaran berisi rencana keu-angan yang ada di dalam perusahaan. Fase-fase dalam penyusunan anggaran terdiri dari menen-tukan target penjualan, anggaran penjualan, jumlah barang yang diproduksi, anggaran produksi, anggaran biaya operasi, anggaran laba, dan anggaran keuangan. Sistem ukuran kinerja memiliki tujuan untuk mengimplementasikan strategi. Sistem penilaian kinerja dapat berupa keuangan dan non keuangan. Sistem ukuran kinerja yang lain dapat menggunakan konsep balanced scorecard. Empat kajian yang ada dalam balanced scorecard dapat diukur melalui perspektif keuangan, pelanggan, bisnis internal, inovasi dan pembelajaran.

Dengan adanya pengendalian manajemen UMKM akan lebih mudah dalam mengedalikan manajeman (perencanaan strategis, penyusu-nan anggaran, analisis laporan kinerja keuangan, ukuran kinerja, dan kompensasi manajemen).

Setelah pemaparan materi, kegiatan selanjutnya adalah kegiatan sesi tanya jawab.    Sesi ini diawali oleh pertanyaan yang diajukan oleh peserta yaitu Ibu Danny terkait bagaimana cara melakukan mengendalikan keuangan yang baik agar bisa memisahkan antara asset UMKM dan asset pemilik/owner. Solusi atas pertanyaan bagus tersebut dipaparkan oleh pemateri yaitu Bapak Jarno, S.E., M.Akt. selaku dosen Akuntansi S1 Universitas Pamulang dengan memberikan pemaparan implemtasi manajeman dan juga memberikan contoh sederhananya.

Acara kemudian ditutup oleh Ibu Jaenal Abidin, S.Pd., M.Akt. selaku moderator acara serta perwakilan dari dosen Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang serta dilanjutkan dengan foto bersama peserta dari kegiatan ini. Melaui kegiatan ini, pada pelaku UMKM diharapkan mampu untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

Foto bersama Peserta dan Panitia PKM

Penulis: Jaenal Abidin S.Pd., M.Akt.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment