SOSIALISASI AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN BAGI UMKM DI KELURAHAN RANCAMAYA, BOGOR

By admin 07 Jan 2023, 07:41:17 WIB PKM Dosen
SOSIALISASI AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN BAGI UMKM DI KELURAHAN RANCAMAYA, BOGOR

Salah satu pembangunan ekonomi masyarakat dapat melalui pembentukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan. Kontribusi yang diberikan oleh UMKM yaitu penciptaan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Disi lain mampu menjadi penyeimbang ketahanan ekonomi nasional pada saat adanya guncangan krisis ekonomi.

Eksistensi dan kinerja UKM yang semakin menggeliat bukan tanpa masalah dan kendala. Masih banyak UKM yang sebenarnya memiliki potensi kuat akan tetapi terhalang oleh banyak kendala sehingga efektivitas dan efisiensi kegiatan operasinya menjadi terganggu. Bahkan tidak sedikit UKM yang kemudian harus mengalami stagnasi dan bangkrut.

Banyak pelaku UMKM merasa bahwa usaha mereka berjalan normal namun sebenarnya UMKM tersebut tidak mengalami perkembangan. Ketika mereka mendapatkan pertanyaan mengenai laba yang didapatkan setiap periode, mereka tidak bisa menunjukkan dengan nominal angka melainkan dengan aset berujud seperti tanah, rumah, atau kendaraan. Lebih lanjut, aset tersebut didapatkan tidak hanya dengan dana perusahaan tetapi terkadang ditambah dengan harta pribadi. Aset tersebut terkadang juga bukan digunakan untuk perusahaan namun digunakan untuk kepentingan pribadi dan tidak terdapat pencatatan ataupun pemisahan di antara keduanya. Hal ini menyebabkan perkembangan usaha khususnya dalam hal kinerja keuangan tidak dapat diketahui secara jelas. Pelaku UMKM merasa kesulitan jika harus menggunakan akuntansi dan perpajakan dalam kegiatan bisnisnya.

Berdasarkan survey dan wawancara dengan pihak Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kabupaten Bogor, bahwa sangat senang dan antusias apabila dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan berkenan mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kelurahan Rancamaya, mengingat UMKM dan masyarakat yang umumnya adalah petani, masih banyak yang belum memahami tentang akuntansi (pembukuan) dan perpajakan.

Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Sarjana Akuntansi, Universitas Pamulang, yang berpartisipasi dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini terdiri dari:

  1. Luh Nadi, SE, MM
  2. Harry Barli, SE., BKP., MM
  3. Thom DL Doaly, SE., MAk,

PKM dengan judul “Sosialisasi Akuntansi dan Perpajakan bagi UMKM di Kelurahan Rancamaya, Bogor” dimaksudkan untuk memberikan bimbingan terkait akuntansi dan perpajakan dasar bagi para pelaku UMKM dan masyarakat. PKM ini dilakukan di Bogor dan dihadiri pimpinan dan pengurus Kelurahan Rancamaya, Bogor serta dihadiri oleh kurang lebih 40 peserta yang merupakan pelaku UMKM dan masyarakat sekitar.

Sesi awal dibuka dengan doa bersama dan sambutan dari Kepala Kelurahan Rancamaya, Bogor, Bapak Hardi Suhardiman. Beliau juga mengapresiasi kehadiran para dosen yang meluangkan waktu dan membagikan pengetahuan bagi warganya. Beliau juga barharap bahwa kegiatan ini dapat berlanjut dikemudian hari.

Sesi selanjutnya, pemaparan materi oleh Thom DL Doaly., SE., Ak., CA., M. Ak. terkait akuntansi dasar. Materi menekankan pada kegiatan pencatatan transaksi keuangan bagi UMKM dengan berdasarkan SAK EMKM.

Pemaparan materi selanjutnya oleh Harry Barli, SE., BKP., MM terkait perpajakan dasar. Materi ditekankan pada pemahaman dasar perpajakan terkait apa itu Pajak, macam-macam Pajak Penghasilan, dan Pajak Pertambahan Nilai.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Kelurahan Rancamaya Bogor ini, tidak berhenti sampai disini, tetapi direncanakan untuk melakukan secara berkelanjutan sekaligus memberi motivasi kepada para pelaku UMKM dan masyarakat sekitar dapat memahami akuntansi dan perpajakan. Sesi terakhir adalah tanya jawab. Peserta antusias dan aktif bertanya terkait materi yang disajikan oleh para dosen.

Penulis : Luh Nadi, S.E., M.M, Dosen Prodi Akuntansi Program Sarjana




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment