Sosialisai Peranan Kemasan Guna Meningkatkan Pemasaran dan Pengembangan Produk UMKM

By admin 15 Des 2022, 07:11:45 WIB PKM Dosen
Sosialisai Peranan Kemasan Guna Meningkatkan Pemasaran dan Pengembangan Produk UMKM

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan di Kelurahan Sawah yang ada di daerah Tangerang Selatan. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  mengenai faktor pendukung kegiatan usaha untuk meningkatkan pemasaran, pengembangan produk bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan penjualan. Pelaku usaha tersebut meliputi pelaku usaha kuliner. Dengan demikian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) diselenggarakan berupa sosialisai Peranan Kemasan (Packaging), Meningkatkan Pemasaran dan Pengembangan Produk Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tangerang Selatan di Kelurahan Sawah.

Metode pelaksaan kegiatan terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan meliputi pra survei, pembentukan tim, pembuatan dan pengajuan proposal, koordinasi tim PKM dan Kelurahan Sawah. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan program berupa sosialisasi. Sosialisasi dilakukan melalui penyuluhan (pemaparan materi) dan diskusi. Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi dan pelaporan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kondisi pelaku UMKM sebelum dan sesudah pelaksanaan program dengan metode wawancara dan observasi. Setelah itu, dilakukan penyusunan laporan untuk selanjutnya dilakukan publikasi jurnal. Materi yang disampaikan dalam sosialisai Peranan Kemasan (Packaging), Meningkatkan Pemasaran dan Pengembangan Produk Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tangerang Selatan di Kelurahan Sawah. Hasil dan luaran kegiatan setelah dilaksanakan sosialisasi yaitu :

  1. Sosialisasi mengenai peranan kemasan (packaging).      
  2. Sosialisasi pengembangan produk bagi usaha mikro kecil menengah usaha mikro kecil menengah (UMKM).
  3. Sosialisai kualitas produk khususnya pada kemasan makanan yang menggunakan plastik kemasan transparan.
  4. Sosialisasi kemasan produk agar penampilannya lebih menarik oleh konsumen.
  5. Sosialisasi distribusi penjualannya lebih luas lagi dan dapat bersaing dengan pasar moden bahkan dapat melakuan export produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
  6. Sosialisasi pemodalan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan dibantu direferensikan oleh Kelurahan untuk proses pemesanan kemasan produk sehingga tidak memberatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
  7. Penerapan kemasan produk dengan desain yang lebih menarik (eye catching), tampilan produknya lebih variatif namun masih tetap terjaga kualitas produknya.
  8. Memperluas jaringan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
  9. Peningkatan pemahaman mekanisme strategi pemasaran dalam kegiatan usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
  10. Penerapan segmentasi pasar, Pengemasan dan Distribusi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dengan dilaksanakannya program ini, maka terjadi perbaikan tatanan nilai masyarakat di bidang pendidikan khususnya bidang ilmu ekonomi dan hukum.

Peserta pengabdian kegiatan masyarakat (PKM) yang dilakukan di Kelurahan Sawah sosialisai Peranan Kemasan (Packaging), Meningkatkan Pemasaran dan Pengembangan Produk Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Adapun sosialisasi ini dilakukan selama 3 hari berturut – turut pada Jum’at, 21 Oktober 2022 hingga Minggu, 23 Oktober 2022.

Ketua  : Nani Mulyani S.Kom, M.M

Anggota :

1. Erick Agustinus, S.E,M.M 

2. Budi Tri Santoso S.E., M.Akt




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment