PRAKTIK PENCATATAN TRANSAKSI KEUANGAN UNTUK UMKM DI TANGERANG SELATAN

By admin 17 Des 2022, 12:25:41 WIB PKM Dosen
PRAKTIK PENCATATAN TRANSAKSI KEUANGAN UNTUK UMKM DI TANGERANG SELATAN

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. UMKM terbukti mampu bertahan melewati krisis ekonomi yang telah beberapa kali terjadi di Indonesia. Namun, untuk dapat mengembangkan suatu usaha dan mempertahankannya, dibutuhkan manajemen yang baik terutama dalam pengelolaan keuangan. Keterbatasan kemampuan pengelolaan keuangan oleh pelaku UMKM seringkali menjadi hambatan dalam penyajian informasi keuangan yang akurat. Padahal, informasi yang akurat sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan terkait dengan operasional usaha. Dengan adanya informasi tersebut, pelaku UMKM juga bisa merumuskan harga pokok penjualan dengan lebih tepat sehingga dapat menetapkan harga jual produk yang lebih kompetitif.

Masalah utama yang seringkali dihadapi oleh pelaku UMKM adalah masih tercampurnya keuangan bisnis dan pribadi serta minimnya pengetahuan mengenai prinsip dasar dalam penyusunan laporan keuangan. Hal ini membuat keputusan yang diambil menjadi tidak tepat. Misalnya, kurangnya pengetahuan mengenai pembebanan biaya produksi menyebabkan biaya yang tercatat menjadi salah saji. Hal ini berdampak pada laba yang disajikan menjadi terlalu tinggi atapun terlalu rendah dari yang seharusnya. Padahal, informasi mengenai laba sangat penting untuk mengukur kinerja suatu usaha. Oleh karena itu perlu diberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai pencatatan keuangan yang seuai dengan prinsip akuntansi.

Hal inilah yang mendorong dosen Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan sasaran pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Tangerang Selatan, tepatnya di Kelurahan Sawah. Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh sivitas akademika termasuk juga Universitas Pamulang sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berlangsung dari tanggal 28 – 30 Oktober 2022 yang berlokasi di Aula Kelurahan Sawah,  Ciputat, Tangerang Selatan. Tema yang diangkat pada kesempatan kali ini adalah “Praktik Pencatatan Akuntansi untuk UMKM di Tangerang Selatan”. Materi ini dibawakan oleh Bapak Ahmad Ridho Fachrizal Chaery, SE., M.Akt selaku dosen Prodi Akuntansi Universitas Pamulang. Peserta PKM berasal dari pelaku UMKM yang ada di Tangerang selatan. Pada kesempatan ini peserta dipaparkan materi terkait pembukuan dan pencatatan akuntansi. Setelah pemaparan materi, peserta diberikan tutorial dalam membuat dan menyusun laporan keuangan secara sederhana dengan basis program Ms Excel. Setelah sesi tutorial, kemudian diikuti dengan sesi diskusi dan tanya-jawab. Kegiatan PKM diakhiri dengan foto bersama. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini peserta dapat menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi sehingga dapat menghasilkan informasi yang berkualitas untuk pengambilan keputusan.

Penulis : Ayumi Rahma, Dosen Prodi Akuntansi Program Sarjana

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment