Permainan Tarik Benang Untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak

By admin 21 Des 2023, 13:21:05 WIB PKM Mahasiswa
Permainan Tarik Benang Untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak

Pada tanggal 4 November 2023, kelompok mahasiswa dari Universitas Pamulang menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang inovatif di TPA Al Ashri, perumahan Griya Pamulang Asri, Kelurahan Bendabaru, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini mengusung tujuan mulia untuk membuka ruang kreativitas dan meningkatkan kosakata anak-anak melalui pemberian materi kosa kata Bahasa Inggris dan permainan Tarik Benang yang berkesan.

Pelaksanaan dimulai pukul 16:00, diawali dengan penyampaian materi kosa kata Bahasa Inggris menggunakan Flashcard, dilanjutkan dengan semangat menyanyikan lagu anak-anak dalam Bahasa Inggris. Kreativitas anak-anak kemudian diuji melalui permainan Tarik Benang yang dikemas dengan kosakata Bahasa Inggris, memberikan dimensi edukatif yang menyenangkan. Anak-anak yang berhasil memenangkan permainan pun diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi.

Antusiasme anak-anak terlihat begitu nyata, mereka tidak hanya mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh tetapi juga terlihat sangat senang dan gembira. Inisiatif memberikan materi kosa kata Bahasa Inggris melalui metode yang interaktif seperti Flashcard dan permainan Tarik Benang membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan menyenangkan.

Acara kemudian diakhiri dengan kegiatan kreatif, yaitu mengukir telapak tangan anak-anak di atas karton. Ini tidak hanya menjadi akhir yang berkesan dari kegiatan PKM, tetapi juga memberikan kesan personal dan meninggalkan kenangan yang dapat diabadikan.

Pelaksanaan PKM ini tidak hanya memberikan kontribusi pada peningkatan kosakata anak-anak, tetapi juga memberikan ruang bagi mereka untuk mengasah kreativitas. Sebagai mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini, kami merasa bangga dapat berkontribusi positif untuk masyarakat sekitar. Semoga keberlanjutan kegiatan serupa dapat terus mendorong perkembangan positif di komunitas dan menginspirasi tindakan kreatif dalam proses belajar anak-anak.

Penulis : Rendi Aditya Wahyudin 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment