PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM

By admin 17 Des 2022, 12:18:02 WIB PKM Dosen
PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM

KEMBALI LAGI MELAKUKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNTUK MELAKUKAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM YANG BERADA DI PONDOK PETIR – DEPOK

Oleh: Sunarto, S.E., M.M., Dwi Septiani, S.E., M.M., Ferdiansyah, S.E., M.Ak.

Kembali lagi Dosen Universitas Pamulang melakukan pengabdian kepada masyarakat pada semester ganjil pada tahun 2022 ini di salah satu UMKM yang berada di Pondok Petir - Depok. Proses ini dilakukan pendampingan selama 1 bulan untuk memastikan yang bersangkutan dapat membuat laporan keuangan.

Kegiatan yang dilakukan secara rutin tiap semester ini berpotensi membantu masyarakat. Ini menjadi komitmen para dosen untuk selalu melakukan tugasnya yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi antara lain Mengajar, Mengabdi dan Meneliti.

Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran kampus Universitas Pamulang yang selalu mendukung acara pengabdian kepada masyarakat ini untuk terus berjalan secara terus menerus yang dilakukan secara rutin setiap semester.

Dan tak lupa pengabdian masyarakat ini juga dibantu oleh para mahasiswa/i. Ini adalah media yang baik untuk mahasiswa/i dapat belajar secara langsung di dunia kerja. Karena pengabdian masyarakat ini berkaitan dengan proses membuat laporan keuangan yang menjadi dasar pengetahuan para mahasiswa/i Program Studi Sarjana Akuntansi. Adapun dosen yang melakukan pengabdian masyarakat ini adalah Sunarto, S.E., M.M. sebagai Narasumber dan disupport oleh Dwi Septiani, S.E., M.M. dan diketuakan oleh Ferdiansyah S.E., M.Ak.

Kegiatan ini dilakukan di salah satu UMKM yang bergerak dibidang jasa Pendidikan non formal. Yang sudah berdiri sejak tahun 2017 yang dikelola dengan menggunakan website sebagai media untuk berkomunikasi dengan siswa dan orang tua siswa.

Pendampingan ini menitik beratkan kepada membuat laporan keuangan yang terdiri dari:

  1. Mengukur kinerja perusahaan dengan laporan laba rugi.
  2. Cash flow perusahaan, dan
  3. Untuk menganalisa laporan kekayaan perusahaan yang sebelumnya belum pernah dibuat laporannya.

Dengan demkian kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa/i, universitas dan pelaku UMKM. Selanjutnya kegiatan ini akan di evaluasi pada setiap semesternya agar kegiatan ini menjadi lebih berkualitas.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment