Penyuluhan Pembuatan Laporan Keuangan Pada UMKM Buaran Kecamatan Serpong Tangerang Selatan

By admin 14 Nov 2022, 15:47:05 WIB PKM Dosen
Penyuluhan Pembuatan Laporan Keuangan Pada UMKM Buaran Kecamatan Serpong Tangerang Selatan

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk penerapan dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Dosen Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan kegiatan tersebut melalui kegiatan penyuluhan atau sosialisasi dengan tema “Penyuluhan Pembuatan Laporan Keuangan Pada Umkm Buaran Kecamatan Serpong Tangerang Selatan” kepada UMKM Buaran Kecamatan Serpong Tangerang Selatan yang dilaksanakan pada hari minggu (13/11/2022) dan berlokasi di Jalan Pamulang Permai 1 Blok B17 No 32, Pamulang, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417.

Kegiatan PKM kali ini dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Akuntansi S1 yang beranggota tiga dosen yang diketuai oleh Hari Stiawan, S.E.,M.Ak dan anggota Syarifudin, S.E.,M.Ak Serta Narasumber Siti Mudiroh, S.S.,M.Ak. Selaku narasumber kegiatan PKM tersebut, Bu Siti Mudiroh, S.S.,M.Ak. mamaparkan materi kepada UMKM Buaran Kecamatan Serpong Tangerang Selatan mengenai pentingnya kesadaran akan pencatatan dan laporan keuangan. Edukasi tersebut diawali dengan pemaparan materi yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi. Adapun kegiatan diskusi ini dilakukan untuk dapat mengetahui dan menggali lebih dalam mengenai kendala dalam penerapan pencatatan dalam UMKM. Tujuan dari kegiatan PKM kali ini selain untuk menumbuhkan kesadaran para pelaku UMKM akan pentingnya penyusunan laporan keuangan juga berusaha untuk dapat mengetahui kendala yang ada sehingga di kemudian hari kegiatan ini dapat diteruskan dengan pendampingan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan. Kegiatan PKM ini memang direncakan untuk dapat dilaksanakan berkelanjutan agar masyarakat dapat benar-benar terbantu dengan adanya kegiatan tersebut.

Kami menyadari tanpa adanya kesadaran akan pentingnya laporan keuangan maka para pelaku UMKM akan setengah hati ketika diminta untuk mulai menyusun laporan keuangan atas usaha mereka. Pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan merupakan tahap yang tidak kalah penting dengan tahap sosialisasi, jika dalam sosialiasi menekankan teori maka dalam proses pendampingan ini yang ditekankan adalah prakteknya. Para pelaku UMKM dituntut untuk memahami apa itu laporan keuangan dalam hal ini laporan laba rugi serta bagaimana penyusunannya yang kemudian diaplikasikan dalam usaha mereka masing-masing untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan usaha yang mereka lakukan.

Penyampaian materi disambut antusias oleh para peserta pelaku UMKM di Buaran. Hal ini terlihat pada sesi tanya jawab dan diskusi hangat yang terjadi antara peserta dengan narasumber, serta diskusi juga terjadi antara peserta dengan peserta lainnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian doorprize bagi para peserta yang aktif bertanya dan berdiskusi selama kegiatan berlangsung, dilanjutkan penyerahan sembako sebagai tandaterima kasih dari tim dosen Universitas Pamulang kepada Tuan rumah Bapak Rusman kemudian acara ditutup dengan pembacaan do'a dan sesi foto bersama.

Penulis : Hari Stiawan, Dosen Prodi Akuntansi Universitas Pamulang




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment