Penyuluhan Digital Marketing Guna Meningkatkan Penjualan Dalam Era Society 5.0

By admin 31 Okt 2023, 17:06:14 WIB PKM Dosen
Penyuluhan Digital Marketing Guna Meningkatkan Penjualan Dalam Era Society 5.0

Dosen Universitas Pamulang (UNPAM) menjalankan salah satu TRIDHARMA perguruan tinggi yaitu, Pengabdian Masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa prodi Akuntansi S1, fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Pengabdian Kepada Masyarakat yang di singkat PKM dosen dilaksanakan pada hari minggu, 29 Oktober 2023.

Adapun sasaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah santriwan santriwati di Pondok pesantren lembaga bina santri mandiri , pondok pesantren ini cukup unik, karena biasanya pondok pesantren hanya fokus terhadap pendidikan ilmu agama saja, namun pondok pesantren lembaga bina santri mandiri ini tidak hanya berfokus pada pendidikan agama saja, tapi juga pendidikan mengenai berwirausaha sebagai bekal santriwan dan santriwati untuk mencari nafkah di dunia. Oleh karena itu hampir semua pengurus maupun santriwan dan santriwati di pondok pesantren tersebut adalah wirausahawan.

Berdasarkan hal tersebut maka kegiatan PKM ini mengangkat tema “Penyuluhan Digital Marketing Guna Meningkatkan Penjualan Dalam Era Society 5.0” yang disampaikan oleh Ibu Siti Mundiroh ,S.S.,M.Ak. dan Para dosen yang berkompeten di bidangnya terdiri dari bidang Akuntansi dan menjalankan beberapa bisnisnya. Dalam kegiatan turut serta Pemimpin pondok pesantren lembaga bina santri mandiri yaitu KH. Jauhari, Lc, ustadz, ustadzah, Para dosen Universitas Pamulang, perwakilan mahasiswa dan juga santriwan santriwati.

Dalam kegiatan PKM kali ini tim mempunyai dua masalah pokok yang ingin diselesaikan, yaitu masalah manajemen (pengelolaan) usaha dan masalah pemasaran. Metode yang digunakan dalam PKM kali ini adalah melalui penyuluhan (sosialisasi) secara langsung. Sosialisasi dilakukan dengan topik pencatatan akuntansi dan digital marketing untuk meningkatkan penjualan.

Kegiatan PKM ini terselenggara dengan tujuan untuk dapat membantu mitra mengatasi masalah yang ada. Namun demikian, tidak berarti bahwa pihak mitra hanya bertindak sebagai “penerima” saja, pihak mitra juga cukup membantu terselenggaranya kegiatan ini. Pihak mitra memberikan banyak masukan mengenai masalah yang mereka hadapi dalam tahap awal survey, pihak mitra juga berperan aktif dalam sosialisasi kepada para peserta agar berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain itu, pihak mitra juga membantu menyediakan akses tim untuk dapat berkomunikasi dengan para peserta guna menganalisis lebih dalam mengenai situasi yang dihadapi.

Sebagai bentuk evaluasi atas pemahaman peserta pada acara PKM ini panitia memberikan pretest dan posttest untuk para santri, pretest diberikan sebelum kegiatan dimulai yaitu H-1 dan posttest diberikan pada akhir sesi kepada peserta berupa link google form. Kemudian sampailah pada akhir acara yang ditutup dengan pembacaan doa yang selanjutnya dilakukan sesi foto sebagai bukti dokumentasi.

Dengan selesainya rangkaian acara maka diharapkan diharapkan santriwan santriwati muda dapat menerapkan memahami, mempraktikan, dan mengembangkan secara langsung didunia usaha sehingga santri dapat berkembang dan mampu bersaing didunia usaha khususnya menggunakan teknologi dengan digital marketing.

Penulis: Hari Stiawan




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment