PENTINGNYA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BAGI PELAKU UMKM

By admin 27 Mei 2022, 05:43:41 WIB PKM Dosen
PENTINGNYA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BAGI PELAKU UMKM

Dalam rangka mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema "Pentingnya Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pelaku UMKM". Kegiatan ini berlangsung secara tatap muka pada Minggu, 22 Mei 2022 di Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Bapak Hambali, S.Hi., selaku Ketua Forsamik (Forum Usaha Mikro dan Kecil) Kecamatan Solear, Koordinator Desa Cikasungka yaitu Bapak Pandji Aditya Nugraha, dan para pelaku UMKM di Desa Cikasungka.

Dari pihak Dosen Universitas Pamulang dihadiri oleh Andry Sugeng, S.E., M.Ak. selaku Ketua PKM, Khusnul Khuluqi, S.E., M.Ak. selaku Narasumber, Alya Budiantini selaku Penyuluh, dan perwakilan dari mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang.

Dalam kegiatan ini, narasumber memberikan sosialisasi mengenai pentingnya penyusunan laporan keuangan yang sesuai SAK EMKM bagi pelaku UMKM agar para pelaku UMKM lebih disiplin dalam melakukan pembukuan atas transaksi-transaksi yang terjadi dalam kegiatan bisnisnya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pelaku UMKM tidak hanya berfokus pada pengembangan produk dan kegiatan pemasaran saja, namun juga menyadari pentingnya melakukan penyusunan laporan keuangan yang dapat menggambarkan kinerja UMKM dan berguna untuk mengambil keputusan bisnis agar usaha yang dirintis bisa berkembang dan sukses.

Penyampaian materi disambut antusias oleh Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu para pelaku UMKM Desa Cikasungka. Hal ini terlihat pada sesi tanya jawab dan diskusi hangat yang terjadi antara peserta dengan narasumber, serta diskusi juga terjadi antara peserta dengan peserta lainnya.

Bapak Hambali, S.Hi., mengatakan bahwa "kegiatan ini sangat positif bagi para pelaku UMKM, karena mereka bisa mendapatkan pengetahuan mengenai pentingnya menyusun laporan keuangan agar kegiatan bisnisnya lebih maju".

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian doorprize bagi para peserta yang aktif bertanya dan berdiskusi selama kegiatan berlangsung, dilanjutkan penyerahan plakat sebagai kenang-kenangan dari tim dosen Universitas Pamulang kepada Ketua Forsamik (Forum Usaha Mikro dan Kecil) Kecamatan Solear, kemudian ditutup dengan pembacaan do'a.

Penulis : Khusnul Khuluqi, S.E., M.Ak.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment