Pentingnya Penerapan Etika Profesi Akuntansi dalam Membentuk Karekter Akuntan Profesional

By admin 06 Des 2023, 10:52:26 WIB PKM Dosen
Pentingnya Penerapan Etika Profesi Akuntansi dalam Membentuk Karekter Akuntan Profesional

SMK AN-NASHIHIN, Kota Tangerang Selatan, 9 November 2023 – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan menekankan pentingnya penerapan etika profesi akuntansi, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK AN-NASHIHIN menjadi tempat untuk menyadarkan para calon akuntan mengenai peran kunci etika dalam membentuk karakter profesional.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bukan hanya sekadar kewajiban dosen untuk memenuhi Tri Dharma, tetapi juga sebagai sarana untuk melibatkan masyarakat sebagai peserta yang mendapatkan ilmu dan keahlian sesuai kebutuhan mereka. SMK AN-NASHIHIN, sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Tangerang Selatan, menjadi tempat diselenggarakannya kegiatan ini yang melibatkan siswa-siswi jurusan Akuntansi.

Sebagai lembaga pendidikan formal dengan fokus pada program kejuruan, SMK AN-NASHIHIN menekankan tujuan utamanya untuk mempersiapkan peserta didik dalam bidang tertentu setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Dalam konteks jurusan Akuntansi, harapannya adalah melahirkan akuntan professional yang dapat bersaing dalam kancah global.

Salah satu aspek kunci yang dibahas dalam PKM ini adalah pentingnya etika profesi akuntansi. Etika menjadi pondasi utama dalam mempertahankan kualitas layanan dan kepercayaan klien. Kode Etik Akuntan Indonesia menjadi pedoman, mencakup norma dan nilai yang mengatur perilaku akuntan dalam lingkup profesional. Meskipun demikian, beberapa kasus kecurangan akuntansi seperti Enron dan PT. Garuda Indonesia menunjukkan bahwa pemahaman dan penerapan etika perlu ditingkatkan.

Dalam konteks Akuntansi, religiositas juga menjadi faktor tambahan yang dapat memperdalam dimensi moral dalam praktik profesi akuntan. Keimanan dan nilai-nilai agama menjadi landasan tambahan untuk membentuk perilaku etis akuntan. Menurut narasumber PKM Ibu Yenni Cahyani, S.E., M.M., seorang akuntan tidak hanya perlu memiliki pemahaman teknis profesi, tetapi juga integritas, etika tinggi, dan komitmen untuk bertindak dengan kejujuran.

Penerapan etika profesi yang terintegrasi dengan nilai-nilai agama diharapkan dapat membantu membangun karakter akuntan yang kuat secara moral. Dengan demikian, lulusan SMK AN-NASHIHIN diharapkan mampu menjadi agen perubahan dalam dunia profesi akuntansi, memastikan integritas dan moralitas sebagai pilar utama dalam menjalankan tugas mereka. PKM di SMK AN-NASHIHIN menjadi langkah positif untuk membentuk generasi akuntan yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga berintegritas tinggi dan berkomitmen pada prinsip-prinsip etika profesi akuntansi.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment