PENGHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN (HPP)
Untuk Penentuan Harga Jual Optimal Produk UMKM Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor

By admin 22 Jul 2022, 16:17:37 WIB PKM Dosen
PENGHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN (HPP)

Bogor-Senin, 28 Februari 2022, Tim dosen S1 Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan melakukan penyuluhan dan pelatihan kepada para pengusaha UMKM yang berlokasi di Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu para pengusaha dalam menghitung harga pokok produknya secara akurat, dan menentukan harga jual yang optimal bagi produknya.

Sutandijo, S.E., M.Ak, Gunung Subagyo A.H., S.E., M.M, dan Moh. Yuddy Yudawirawan, S.E., M.M, secara bersama-sama memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada para pengusaha UMKM Rumpin yang dipimpin oleh Bapak Dadun.  Para dosen narasumber dan penyuluh tersebut memberikan wawasan baru dan ketrampilan dalam melakukan penghitungan harga pokok produk (HPP) UMKM secara sederhana namun akurat, dan kemudian menggunakan informasi HPP tersebut untuk menentukan harga jual yang optimal. Diharapkan dengan mengetahui harga jual yang optimal para pengusaha tidak mengalami kerugian karena penetapan harga yang terlalu rendah, atau kehilangan omzet karena penetapan harga yang terlalu tinggi. Di samping itu informasi harga jual optimal juga bisa digunakan untuk membandingkan tingkat efisiensi operasi mereka dengan para pesaing di pasar.

Para pengusaha secara masing-masing juga diberikan pendampingan dan bimbingan dalam mempraktekan keterampilan tersebut dalam menentukan harga jual produk mereka masing-masing. Di samping itu ada sesi tanya jawab yang cukup seru dimana para pengusaha UMKM dengan antusias mengajukan banyak pertanyaan, kasus, dan kesulitan yang mereka hadapi terkait penghitungan harga pokok dan penentuan harga jual. Para peserta terdiri dari pria dan wanita dengan usia yang rata-rata masih muda diharapkan dapat mengembangkan usahanya dan memicu pertumbuhan ekonomi pada komunitas mereka.

Pimpinan forum pengusaha UMKM Kecamatan Rumpin yaitu Bapak Dadun berterima kasih atas kehadiran tim PKM dan memberikan kesempatan yang luas kepada para Dosen S1 Universitas Pamulang dalam mengadakan kegiatan PKM di tempat mereka. Hal ini merupakan pembelajaran yang bermanfaat untuk mendukung kegiatan usaha yang dilakukan UMKM. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara berkesinambungan dengan adanya kerjasama antara Universitas Pamulang, khususnya program studi Akuntansi dengan Forum UMKM Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Penulis : Sutandijo, S.E., M.Ak, Dosen Prodi Akuntansi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment