Pengenalan Sejarah Uang untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Anak-Anak Panti Asuhan

By admin 21 Des 2023, 13:51:35 WIB PKM Mahasiswa
Pengenalan Sejarah Uang untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Anak-Anak Panti Asuhan

Pada tanggal 5 November 2023, mahasiswa melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan fokus pada penyuluhan literasi keuangan di Yayasan Ishlahul Hayat Yatim I, sebuah panti asuhan di Jl. Raya Mujair No. 25 Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman seputar sejarah uang untuk meningkatkan literasi keuangan anak-anak panti asuhan.

Dalam suasana penuh semangat, para peserta dari panti asuhan terlibat aktif dalam serangkaian kegiatan yang dirancang dengan cermat. Materi interaktif pagi itu menarik perhatian anak-anak, memperkenalkan konsep sejarah uang, dan menyoroti pentingnya literasi keuangan. Pendekatan ringan dan mendidik menciptakan lingkungan yang ramah dan inspiratif.

Setelah pemberian materi, para peserta terlibat dalam sesi latihan praktis, termasuk permainan interaktif dan simulasi situasi keuangan sehari-hari. Sesi ini memberikan pengalaman langsung kepada anak-anak panti asuhan, mendorong pemahaman lebih lanjut tentang konsep literasi keuangan. Sesi tanya jawab menjadi puncak kegiatan, di mana anak-anak dapat mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang topik yang telah dipelajari. Sesi ini membuka ruang untuk pertukaran ide dan pandangan, memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya literasi keuangan dalam meraih masa depan yang lebih baik.

Dengan suksesnya kegiatan ini, mahasiswa berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan pengabdian. Mereka percaya bahwa investasi dalam literasi keuangan anak-anak panti asuhan adalah langkah penting dalam membentuk generasi yang mampu mengelola keuangan mereka dengan bijak.

Kegiatan penyuluhan literasi keuangan di Yayasan Ishlahul Hayat Yatim I menciptakan kesan mendalam dan positif bagi semua peserta. Suasana pagi itu dipenuhi dengan semangat kebersamaan, keingintahuan, dan antusiasme dari anak-anak panti asuhan. Pembelajaran yang edukatif dan menyenangkan menciptakan suasana yang tidak hanya bermakna, tetapi juga memberikan dampak positif pada pemahaman mereka terhadap literasi keuangan.

Penulis : Pitria




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment