Pengenalan Manajemen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kampung Tegal Junti Purwakarta

By admin 12 Feb 2022, 13:56:12 WIB PKM Dosen
Pengenalan Manajemen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kampung Tegal Junti Purwakarta

Penulis : Muhammad Sopiyana,M. Pd.I., S.Pd

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk aktifitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai insan akademis, para dosen Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini mengusung tema Pengenalan Manajemen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kampung Tegal Junti, RT.02 RW.04, Kelurahan Tegalmunjul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Sasaran kegiatan PKM tersebut untuk memberikan pengenalan manajemen UMKM di Kampung Tegal Junti, RT.02 RW.04, Kelurahan Tegalmunjul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Pengabdian ini menggunakan metode memberikan penyuluhan, visualisasi video dan praktik langsung bagaiamana pencatatan keuangan dimulai dengan uang kas, visualisasi, praktek di lapangan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di lingkungan yang merupakan lingkungan RW04 dikelola lebih kurang 60 orang dimana kegiatannya adalah melakukan manajemen penjualan secara tradisional tanpa melakukan pencatatan apapun.

Berdasarkan  permasalahan  diatas,  maka  dilakukan  PKM untuk  mengetahui  dampak  dari pandemic covid 19 kepada pelaku UMKM di RT02 RW04 Kelurahan Tegalmunjul, Kec. Purwakarta Kabupaten Purwakarta. Adapun tujuan penelitian antara lain: 1) memberikan wawasan mengenai literasi manajemen UMKM RT02 RW04 pada era pandemi di Kabupaten Purwakarta; 2) memberikan pelatihan manajemen dasar UMKM RT02 RW04 pada era pandemi di Kabupaten Purwakarta; 3) Memberikan pendampingan manajerial sederhana kepada UMKM. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai manajemen agar dapak dari Covid-19 yang terjadi pada perekonomian yang terjadi dengan adanya penurunan omset pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta.

Strategi yang dapat dilakukan agar tercapai tujuan diatas di masa pandemi covid 19 ini antara lain : 1) Memberikan wawasan dalam pencatatan sederhana; 2) Pendampingan dalam memanajmen usaha; 3) Pelatihan manajerial; 4) Monitoring dari tim pelaksana terhadap hasil pelatihan.  Metode pelaksanaan kegiatan dengan metode pendampingan yang dilakukan adalah tatap muka satu kali sekaligus pengarahan, selanjutnya para peserta akan dibimbing selama tiga bulan dalam masa hari kerja (senin-jumat) ataupun hari libur (sabtu dan minggu) melalui gawai.

Peserta pengabdian kegiatan masyarakat  yang dilakukan di Kelurahan Tegalmunjul. Adapun sosialisasi ini dilakukan selama 3 hari berturut – turut pada Senin, 8 November 2021 hingga Rabu, 10 November 2021.

Editor : Yulianto

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment