Penerapan Scrabble Untuk Meningkatkan Pengetahuan

By admin 21 Des 2023, 13:17:32 WIB PKM Mahasiswa
Penerapan Scrabble Untuk Meningkatkan Pengetahuan

Universitas Pamulang, Tangerang Selatan - Sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya, mahasiswa Universitas Pamulang Semester Genap 2022/2023 telah sukses melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada tanggal 10 November 2023. SDN 02 Pondok Betung menjadi tempat berlangsungnya kegiatan ini, dengan tujuan menyasar anak-anak berumur 7-9 tahun.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah "Penerapan Scrabble untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak-Anak tentang Kosa Kata Bahasa Inggris." Materi yang disampaikan tidak hanya memperkenalkan kosa kata, tetapi juga bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak-anak melalui metode pengajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Perkembangan anak-anak pada usia ini menuntut tidak hanya kosa kata yang memadai untuk berkomunikasi, tetapi juga pemahaman yang baik untuk mengekspresikan ide-ide mereka dengan jelas. Integrasi kata-kata baru melalui cerita, permainan, dan interaksi sehari-hari diharapkan dapat memperkaya perbendaharaan kata mereka, meningkatkan kemampuan verbal, dan memperdalam pemahaman mereka terhadap dunia sekitar.

Dalam kegiatan ini, Wali Kelas SDN 02 Pondok Betung, Ibu Nina Harimurti, turut hadir untuk memberikan dukungan. Ia memulai acara dengan perkenalan dan harapannya bahwa kegiatan ini dapat mendorong semangat anak-anak untuk lebih memahami dan mengembangkan kosa kata dalam Bahasa Inggris.

Ide kegiatan ini muncul dari diskusi kelompok mahasiswa, yang berfokus pada membantu anak-anak yang memiliki minat dalam komunikasi. Memiliki kosa kata yang kaya pada usia dini diakui memberikan manfaat besar, terutama dalam konteks tema Animal dan Fruit, yang dapat membantu anak-anak berkomunikasi dengan jelas, mengekspresikan ide-ide dengan lebih baik, dan membangun daya imajinasi serta keterampilan berpikir kritis. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, di mana mahasiswa memberikan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan. Anak-anak yang dapat menjawab dengan baik diberikan bingkisan kenang-kenangan sebagai bentuk apresiasi dari mahasiswa Universitas Pamulang.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama, melibatkan seluruh anak-anak murid kelas 2 SDN 02 Pondok Betung, Wali Kelas kelas 2, dan mahasiswa Universitas Pamulang. Hal ini sebagai bentuk dokumentasi berlangsungnya kegiatan PKM yang telah sukses dilaksanakan, meninggalkan kesan positif dan kontribusi nyata untuk perkembangan kemampuan berbicara dan berpikir anak-anak di masa depan.

Penulis : Ria Widyaswati




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment