Penerapan Digital Marketing Untuk Bisnis UMKM dimasa Endemi Dalam Meningkatkan Penjualan

By admin 04 Jun 2022, 17:23:36 WIB PKM Dosen
Penerapan Digital Marketing Untuk Bisnis UMKM dimasa Endemi Dalam Meningkatkan Penjualan

Tugas yang dimiliki dosen tertuang dalam Undang-undang Tentang Guru dan Dosen yaitu pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Selain mendidik dan mengajar, dosen dituntut dalam melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Maka salah satu pemenuhan tugas tersebut kami mengadakan Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada Asosiasi UMKM Pondok Petir Sejahtera secara tatap muka dengan mematuhi protocol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Kegiatan PKM dengan mengusung tema penerapan Digital Marketing untuk Bisnis UMKM di era Endemi dalam Meningkatkan Penjualan dilaksanakan pada hari Minggu 15 Mei 2022 di Dapur Bandung Pondok Petir Bojongsari yang diketuai oleh Ibu Neneng Hasanah, S.E., M.Ak.dengan Nara sumber Ibu Dian Widiyati S.E., M.Ak serta Ibu Napisah, S.E., M.Ak sebagai Moderator acara. Serta melibatkan Mahasiswa/I UNPAM (Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Prodi Akuntansi) diantaranya Khairatun H.L., Dhafa M.R., Fajar M.R., Yokisa, H., dan Sapira Uraini melakukan kegiatan PKM bersama Dosen agar terjun langsung dalam kegiatan yang sekarang menjadi salah satu tugas mahasiswa untuk berbagi ilmu pengetahuan terhadap masyarakat.

PKM Dosen ini disambut baik oleh ketua Asosiasi UMKM Pondok Petir Sejahtera yaitu Ibu Erma Sulistyaningsih karena kami memberikan 5 tema berbeda sekaligus dari gabungan PKM dosen mulai dari penerapan laporan keuangan secara sederhana, kemudian implementasi aplikasi laporan keuangan melalui aplikasi pada mobile store, dan mengenai perpajakan untuk kelas UMKM. Adapun materi kelompok kami yaitu tentang “Penerapan Digital Marketing Untuk Bisnis UMKM dimasa Endemi Dalam Meningkatkan Penjualan” yang disampaikan oleh Ibu Dian Widiyati, S.E., M.Ak. dengan pembahasan mengenai konsep digital marketing, macam-macamg media seperti penggunaan whatsapp business, sosial media, e-commerce, memberikan pemahaman mengenai jenis-jenis konten sampai dengan cara membuat konten melalui canva, serta untuk semakin meningkatkan penjualan selain share melalui pesan singkat pemateri pun memberikan video tutorial pendaftaran e-commerce.

(Ibu Napisah, S.E., M.Ak : Moderator & Ibu Dian Widiyati, S.E., M.Ak. : Sebagai Narasumber)

Kegiatan PKM ini selain disambut baik oleh ketua Asosiasi juga mendapat sambutan yang baik pula dari para peserta yang terdaftar sebagai anggota asosiasi yang memang memiliki usaha dari berbagai klaster, mulai dari klaster makanan, fashion sampai dengan produksi. Hal tersebut dapat dilihat pada antusias para peserta dalam bertanya mengenai materi-materi yang sudah diberikan serta simulasi dari pelatihan tersebut. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian doorprize bagi peserta yang aktif bertanya serta dilanjutkan dengan pemberian Cinderamata secara simbolis dari Prodi Akuntansi UNPAM kepada Masyarakat Bojongsari.

(Ibu Neneng Hasanah S.E., M.Ak memberikan Cinderamata kepada Ketua Asosiasi Ibu Erma Sulistiyaningsih)

(Foto bersama Dosen, Mahasiswa beserta peserta dari Asosiasi UMKM Pondok Petir Sejahtera)

Penulis : Napisah, S.E., M.Ak.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment