Pelatihan Sumberdaya Manusia (SDM) yang Berkualitas Melalui Pengenalan Dasar-Dasar Akuntansi

By admin 20 Des 2023, 21:00:00 WIB PKM Dosen
Pelatihan Sumberdaya Manusia (SDM)  yang Berkualitas Melalui Pengenalan Dasar-Dasar Akuntansi

Sumber Daya Manusia (SDM) di Pondok Pesantren Yatim/Panti Asuhan Al-Farhan Darussalam: Meningkatkan Kapasitas Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aspek krusial yang tak dapat dipisahkan dari keberlangsungan suatu organisasi, termasuk perusahaan dan institusi lainnya. Pengaruh SDM terhadap perkembangan organisasi sangatlah signifikan. Oleh karena itu, upaya peningkatan kapasitas SDM di Pondok Pesantren Yatim/Panti Asuhan Al-Farhan Darussalam menjadi suatu langkah penting untuk menjawab kebutuhan dan dinamika saat ini.

Akuntansi, sebagai bagian integral dari ilmu ekonomi, memegang peran kunci dalam keberhasilan sebuah perusahaan. Fokus dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan akuntansi dasar kepada remaja di Yayasan Darussalam. Metode yang diimplementasikan dalam kegiatan ini adalah metode penyuluhan, melibatkan ceramah, diskusi, serta sesi tanya jawab.

Dukungan penuh dari pihak mitra, termasuk ketua Yayasan Darussalam, sangat memperkuat pelaksanaan penyuluhan ini. Masyarakat turut berpartisipasi sebagai peserta yang menghadiri Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) secara offline. Panti Asuhan Darussalam Al-Farhan, yang berlokasi di JL Renijaya, A 4/1 No. 3, Pondok Petir, Sawangan, Pd. Petir, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia, menjadi tempat berlangsungnya kegiatan ini.

Pimpinan Panti Asuhan Darussalam Al-Farhan, Drs. H. Rachmat Setiawan, M.Si., memberikan dukungan yang kuat terhadap PKM yang dipimpin oleh Ibu Siarwi, SE., MM. Materi penyuluhan disampaikan oleh Ibu Khoirunnisa Azzahra, SE., M.Ak., CAP, dengan dukungan Ibu Siti Chaerunisa Prastiani, SE., M.Ak, serta partisipasi mahasiswa dari program studi akuntansi Universitas Pamulang.

Tujuan utama dari pengabdian ini adalah mempersiapkan SDM yang berkualitas di Pondok Pesantren Yatim/Panti Asuhan Al-Farhan Darussalam, Reni Depok, dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Langkah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan SDM dan keberlanjutan Panti Asuhan tersebut.

Penulis : Siarwi, S.E., M.M.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment