Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Peraturan Perpajakan UMKM
pada CV Tirta Sasmita Universitas Pamulang. Tangerang Selatan.

By admin 23 Jul 2022, 15:10:47 WIB PKM Dosen
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Peraturan Perpajakan UMKM

Pada hari Rabu, 18 Mei 2022, di Universitas Pamulang kampus Witanaharja, diadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Dosen Akuntansi Universitas Pamulang. Acara ini di ketuai oleh Ibu Listya Ike Purnomo, S.E., M.M. Dosen Prodi Akuntansi program Sarjana dimulai pukul 09.00 hingga 12.00. PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan  pendampingan untuk perhitungan perpajakan pada CV Tirta Sasmita. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendampingan. Adapun materi yang diberikan selama pelatihan dan pendampingan meliputi : (1) pentingnya perhitungan pajak bagi UMKM , (2) cara menghitung PPh badan.

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan Negara bagi sebesarbesarnya kemakmuran rakyat. Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta Wajib Pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan Negara dan pembangunan nasional. Sesuai falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi merupakan hak dari setiap warga Negara untuk ikut berpartisipasi dalam bentuk peran serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan. CV Tirta Sasmita adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi air mineral, CV Tirta Sasmita adalah suatu bentuk usaha yang diselenggarakan Universitas Pamulang sebagai wadah pembelajaran praktik para mahasiswa Universitas Pamulang dan diharapkan menjadi centre of excellence bagi civitas akademika unpam. Saat ini CV Tirta Sasmita memproduksi jenis air minum cup, gallon isi ulang, dan botol.

Melalui kegiatan PKM ini diharapkan Prodi akuntansi dapat mengimplemantasikan ilmu akuntansi terutama dibidang perhitungan perpajakan, dan meningkatkan kesadaran UMKM terhadap pajak di Indonesia.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment