Pelatihan Keuangan Pada UMKM Jaringan Wirausaha (Jawara) Bojongsari

By admin 08 Nov 2022, 13:24:53 WIB PKM Dosen
Pelatihan Keuangan Pada UMKM Jaringan Wirausaha (Jawara) Bojongsari

Salah satu tridharma perguruan tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diperuntukkan bagi seluruh civitas akademi di Indonesia. Kegiatan PKM ini diselenggarakan oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang yang diketuai oleh Dian Widiyati, S.E., M.Ak. untuk memberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan sederhana bagi UMKM yang tergabung dalam Jawara (Jaringan Wirausaha) Bojongsari, Depok. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi UMKM pada saat ini diantaranya kesulitan dalam pemasaran, keterbatasan inovasi dan teknologi, serta keterbatasan pengetahuan tentang menyusun pembukuan dan laporan keuangan. Hanya sedikit UMKM yang mengalami perkembangan dalam hal kinerja keuangannya. Hal ini tak lepas dari ketidaksadaran pelaku UMKM terhadap pentingnya pengelolaan keuangan perusahaan. Terlebih lagi, masih banyak UMKM yang menggabungkan keuangan perusahaan dengan keuangan pribadi sehingga menimbulkan bias dari hasil kinerja keuangan.

UMKM juga memerlukan akses modal dari perbankan guna ekspansi bisnis. Namun, salah satu syaratnya adalah laporan keuangan yang reliabel dimana hanya segelintir UMKM dapat menyajikan laporan keuangan yang baik. Banyak pelaku UMKM yang mengelola usahanya tanpa memiliki dasar pengetahuan maupun keterampilan mengenai strategi yang baik. Demikian pula dengan pengelolaan keuangan usaha, banyak UMKM yang tidak melakukan pembukuan formal maupun penyusunan laporan keuangan terhadap usahanya.

Oleh karena itu, pelatihan penyusunan laporan keuangan perlu untuk dilakukan bagi para pelaku UMKM guna meningkatkan daya saing dalam menghadapi persaingan bisnis. Peran SDM juga menjadi kunci keberhasilan operasional bisnis dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peningkatan daya saing masyarakat. Narasumber kami (Neneng Hasanah S.E., M.Ak.) memberikan solusi mengenai pelatihan dasar-dasar penerapan pelaporan keuangan dengan tujuan memperluas pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan para pelaku UMKM untuk menangani keuangan perusahaan. Materi pelatihan pelaporan keuangan yang disampaikan adalah tentang laporan laba rugi dimulai dari apa yang dimaksud dengan laporan laba rugi, pendapatan yang dapat diakui sebagai penghasilan perusahaan, beban-beban yang dapat diakui sebagai beban perusahaan, implementasi pelaporan pendapatan dan beban perusahaan melalui laporan laba rugi serta action plan apabila perusahaan menghadapi kerugian sehingga perusahaan bisa survive dan memiliki daya saing dengan pelaku bisnis lainnya. Hal ini juga untuk menjamin stabilitas ekonomi di masa depan. Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi langsung yang difasilitasi oleh Napisah S.E., M.Ak. dengan para pelaku UMKM agar materi yang disampaikan telah dipahami oleh para peserta PKM.

Penulis : Napisah S.E., M.Ak.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment