Pelatihan Keterampilan Mengolah Ulang Botol Plastik Menjadi Souvenir

By admin 21 Des 2023, 11:56:17 WIB PKM Mahasiswa
Pelatihan Keterampilan Mengolah Ulang Botol Plastik Menjadi Souvenir

Pada tanggal 5 November 2023, Mahasiswa PSSA melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan sasaran utama anak-anak di Yayasan Ishlaul Hayat 1, yang berlokasi di daerah Jl. Raya Mujaire no 25 RT 08 RW 04 Bambu Apus Pamulang, Tangerang Selatan. Keputusan kami untuk menjalankan kegiatan ini pada hari Minggu adalah hasil pertimbangan terhadap jadwal anak-anak yang mayoritas masih aktif di sekolah. Hari libur dipilih agar kegiatan berjalan lebih efektif.

Tema yang kami pilih, "Menyulap Sampah Plastik Menjadi Kebaikan," diilhami oleh kesadaran akan masalah serius sampah di Indonesia, khususnya sampah plastik yang sulit diurai. Melalui kegiatan ini, kami berusaha memberikan pemahaman tentang pentingnya daur ulang sampah plastik menjadi barang yang lebih berguna, dengan harapan dapat mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Kami memilih anak-anak sebagai sasaran karena kesadaran mengenai sampah di Indonesia masih minim di kalangan mereka. Kami percaya bahwa memberikan pemahaman sejak dini akan membantu mereka menjadi agen perubahan yang paham bagaimana menjaga lingkungan untuk kemaslahatan bersama.

Kegiatan dimulai dengan pemahaman dasar tentang sampah, cara mengelompokan sampah, dan pentingnya daur ulang. Selanjutnya, kami langsung berpraktek bersama anak-anak dalam mengelola sampah botol plastik. Sebelumnya, kami menyampaikan materi melalui presentasi singkat untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam sebelum praktek dimulai.

Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menciptakan kesadaran lingkungan yang lebih baik di kalangan anak-anak Yayasan Ishlaul Hayat 1, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap penanganan sampah plastik di Indonesia. Langkah kecil ini diharapkan dapat membentuk generasi penerus yang peduli terhadap lingkungan dan siap menjaga kelestarian alam untuk masa depan yang lebih baik.

Penulis : Kholafatun Nafisah




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment