Pelatihan Keterampilan Dalam Mengolah Ulang Botol Plastik Menjadi Souvenir Yang Mempunyai Nilai Jual

By admin 01 Des 2023, 14:49:04 WIB PKM Mahasiswa
Pelatihan Keterampilan Dalam Mengolah Ulang Botol Plastik Menjadi Souvenir Yang Mempunyai Nilai Jual

Pada tanggal 5 November 2023, kami melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan menyasar anak-anak di Yayasan Ishlaul Hayat 1, yang berlokasi di Jl. Raya Mujaire No. 25 RT 08 RW 04, Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan. Pengambilan hari Minggu dipilih untuk mengikuti jadwal anak-anak yang mayoritas masih sekolah, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lebih efektif.

Tema yang kami pilih berfokus pada pengelolaan sampah plastik, mengingat masalah serius sampah plastik yang sulit diurai dan dapat merusak lingkungan. Melalui kegiatan ini, kami berupaya memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang arti sampah, cara mengelompokkan sampah, dan pentingnya daur ulang. Anak-anak dipilih sebagai sasaran karena kesadaran tentang sampah di Indonesia masih minim, dan kami percaya memberikan edukasi pada generasi muda adalah langkah awal yang tepat untuk menciptakan perubahan.

Dalam kegiatan praktik, kami menunjukkan secara langsung cara mengelola sampah botol plastik. Sebelumnya, kami menyampaikan materi melalui presentasi singkat untuk memberikan pemahaman tentang konsep yang akan kami praktekkan. Upaya ini dilakukan agar anak-anak dapat lebih mudah memahami dan menginternalisasi pentingnya menjaga lingkungan sekitar mereka untuk kemaslahatan bersama.

Penulis : Kholafatun Nafisah




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment