Optimalisasi Motivasi Kerja Untuk Warga Taman Tuna Netra Yayasan Raudlatul Makfufin

By admin 21 Nov 2022, 16:30:18 WIB PKM Dosen
Optimalisasi Motivasi Kerja Untuk Warga Taman Tuna Netra Yayasan Raudlatul Makfufin

Motivasi adalah keinginan untuk berbuat sesuatu, sedangkan motif adalah kebutuhan (need), keinginan (wish), dorongan (desire) atau inpuls. Motivasi merupakan keinginan yang terdapat pada seseorang individu yang merangsangnya untuk melakukan tindakan-tindakan atau sesuatu yang menjadi dasar atau alasan seseorang berperilaku. Motivasi juga dapat dikatakan sebagai proses yang ikut menentukan intensitas, arah, dan ketekunan dalam usaha mencapai sasaran. Intensitas terkait dengan seberapa keras seseorang berusaha dan harus disalurkan ke arah yang menguntungkan organisasi, serta dilaksanakan secara konsisten dan berlangsung lama. Sedangkan motivasi kerja dapat diartikan sebagai stimulus, rangsangan, atau dorongan seseorang dalam melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Motivasi tersebut dapat datang dari dalam diri dan dari lingkungan pekerjaan. Dengan memiliki motivasi kerja yang tinggi, kinerja seseorang akan meningkat juga karena merasa nyaman dan bersemangat atas pekerjaan yang dilakukannya.

Yayasan Raudlatul Makfufin merupakan lembaga yang mempunyai spesialisasi dan prioritas pengajaran agama Islam kepada Tunanetra Muslim seluruh Indonesia. Dalam rangka menciptakan lembaga yang ideal, perlu usaha yang tidak ringan untuk mencapai hasil yang maksimal, dalam rangka pencapaian tujuan dari organisasi yang telah ditetapkan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari peran serta aktif pendiri dan para penerusnya yang dengan gigih mencari dan meramu cara terbaik untuk membina tunanetra muslim Indonesia agar tidak tertinggal jauh dengan mereka yang tidak memiliki keterbatasan.

Pada kesempatan ini Dosen Prodi Akuntansi Universitas Pamulang sebagai salah satu prodi dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang telah melakukan salah satu kewajibannya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi Pengabdian Kepada Masyarakat. Dari pihak dosen tersebut adalah Sevty Wahiddirani Saputri, S.Kom., M.M., Anis Syamsu Rizal, S.Pd.I., M.Pd., Heri Iswanto, S.Kom., M.M., dan perwakilan dari mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang. Kegiatan ini bertempat di Yayasan Raudlatul Makfufin Serpong pada tanggal 19-20 November 2022 dimana para pesertanya adalah warga taman tuna netra, kami memilih untuk memberikan materi Optimalisasi Motivasi Kerja.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pemberdayaan ini adalah sebagai berikut:

  1. Dapat membuka wawasan dan memberikan pengetahuan baru bagi Tuna Netra Yayasan Raudlatul Makfufin.
  2. Diharapkan peserta mampu meningkatkan kinerja yang selama ini sudah berjalan dengan lebih baik lagi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengalaman visual yang dimiliki seseorng dapat dimiliki daya yang memungkinkan seseorang dapat menguasai lingkungan, penguasaan diri, atau hubungan antara keduanya. Oleh karena itu, dengan berkurangnya atau hilangnya kemampuan persepsi visual pada para penyandang tunanetra akan mengakibatkan terjadinya keterpisahan sosial. Demikian pula, kesulitan mereka memperoleh informasi tentang situasi sekitar lingkungannya, menyebabkan penyandang tunanetra sering kali mengalami kesulitan untuk menyelaraskan tindakannya pada situasi yang ada.

Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan dan dapat memberikan impact yang positif sehingga tercipta hubungan yang baik antara Universitas Pamulang dengan Yayasan Raudlatul Makfufin. Pengabdian kepada masyarakat ini diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada para narasmber, kemudian pemberian doorprize kepada peserta yang aktif dan antusias dalam sesi tanya jawab, penyerahan donasi kepada pimpinan yayasan dan foto bersama.

Penulis : Anis Syamsu Rizal, S.Pd.I., M.Pd.,Dosen Prodi Akuntansi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment