Menjaga Kelangsungan Bisnis Dengan Knowledge Management pada CV. Kahati Ciptaning Bhumi, Depok

By admin 27 Mei 2022, 05:58:11 WIB PKM Dosen
Menjaga Kelangsungan Bisnis Dengan Knowledge Management pada CV. Kahati Ciptaning Bhumi, Depok

Beberapa perusahaan saat ini banyak menggunakan berbagai perangkat lunak yang tidak hanya berrtujuan untuk meningkatkan omzet perusahaan mereka, namun lebih dari itu mereka juga menggunakan untuk menjaga kelangsungan bisnis perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Terkait dengan hal tersebut, maka untuk menjaga kelangsungan bisnis/usaha perlu dilakukan dengan menerapkan strategi Knowledge Management di perusahaan. Dengan cara ini memungkinkan perusahaan untuk dapat mengelola Knowledge dengan menyimpan dan melestarikan Skill, Knowledge dan Experience perusahaan. Dengan mengimlementasikan Knowledge Management System, maka organisasi telah sadar bahwa Knowledge sebagai salah satu aset berharga yang perlu dijaga, disimpan, dan disebarluaskan pada siapa saja yang membutuhkan. Sehingga ketika seorang tenaga ahli meninggalkan perusahaan dengan berbagai alasan maka perusahaan tidak kehilangan aset berupa Knowledge dan Experience. Sebenarnya kesadaran pelaku bisnis untuk mengelola Knowledge dengan baik dimulai dari sebuah toko kecil di Jepang hingga perusahaan bernilai jutaan dolar di AS, semua orang menggunakan Knowledge Management untuk mengelola Knowledge pada setiap bisnis mereka.

Untuk itu, pada hari Minggu 09 April 2022 kami mengadakan presentasi Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema Menjaga Kelangsungan Bisnis dengan Knowledge Management pada CV. Kahati Ciptaning Bhumi, Depok,  dengan tujuan untuk memberikan kesadaran pada CV. Kahati akan pentingnya mengelola Knowledge dengan baik dan benar. Jika Knowledge telah dikelola dengan benar maka organisasi tidak akan teranggu bisnis nya saat ditinggalkan tenaga ahlinya.

CV. Kahati, yang bergerak dalam bidang desain,  interior production dan konstruksi bangunan.  Secara khusus tujuan PKM ini adalah memberikan binaan pada organisasi rekanan kami tersebut untuk menggunakan perangkat lunak agar dapat mengelola Knowledge dengan benar. Kami juga tunjukkan bahwa ada banyak tersedia perangkat lunak Knowledge Managemen System yang bersifat Open Source sehingga dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Selain itu kami juga memberikan pelatihan laporan keuangan yang mengutamakan pencatatan yang lengkap, jelas dan tertata agar data keuangan rekanan kami ini bisa digunakan secara maksimal untuk kemajuan usahanya. Sehingga keuangan dan penjualan bisa diperluas jangkauannya, nilai transaksi semakin meningkat, maka pemilik usaha dan karyawan akan sejahtera.

Peserta PKM Online

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh Bapak Teguh Iman Santoso sebagai Pemimpin CV. Kahati Ciptaning Bhumi, Sedangkan dari Universitas Pamulang dihadiri oleh dosen Ir. Ardijan Handijono, M.M.Si. sebagai ketua PKM, dan beberapa anggota PKM antara lain Rudy Irawan Gunarto, SE, Ak., MM dan Reno Virlandana A, SE., M.M. Juga dihadiri lima mahasiswi Universitas Pamulang antara lain Annisa Anggraini, Peni Karlina, Irma Pratiwi, Novi Andrian dan Restia Wati.

Gambar Desain Interior CV. Kahati Ciptaning Bhumi

Kegiatan dimulai dengan penuh antusias dari peserta yang hadir mengingat materi yang akan kami sampaikan sangat ditunggu dan dibutuhkan oleh audiens yang hadir dengan dipandu oleh Reno Virlandana selaku Moderator. Setelah acara pembukaan dilanjutkan doa bersama agar acara dapat berjalan dengan lancar dipimpin moderator acara.

Selanjutnya sambutan atas kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana yaitu Ardijan Handijono, Memasuki acara inti yaitu presentasi mengenai Manajemen dan Laporan Keuangan oleh Rudy Irawan Gunarto. Rudy Irawan juga menjelaskan dan memberi contoh bagaimana penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar. Presentasi berikutnya dibawakan Ardijan Handijono mengenai Menjaga Kelangsungan Bisnis Dengan Knowledge Management, dalam presentasi tersebut dijelaskan mengenai strategi menggunakan Knowledge Management untuk mengelola aset perusahaan yang berupa Knowledge.

Sementara Bapak Teguh Iman Santoso, sebagai pemimpin CV. Kahati Ciptaning Bhumi mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kemajuan bisnisnya karena Knowledge Management selain untuk dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggannya dan siapapun yang terkait dengan usaha ini, sehingga manjadikan pelanggan lebih setia dan loyal.  Sebagai bentuk evaluasi atas pemahaman peserta pada acara ini maka pada akhir sesi diadakan tanya jawab kepada peserta yang hadir. Sampailah pada akhir acara yang ditutup dengan pembacaan doa dan pemberian kenang-kenangan berupa souvenir yang selanjutnya dilakukan sesi foto bersama sebagai bukti dokumentasi.

Penulis : Ir. Ardijan Handijono, M.M.Si, Dosen Prodi Akuntansi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment