Meningkatkan Perekonomian Keluarga Dengan Membangun Jiwa Kewirausahaan Anggota Aisyiyah Kota Depok

By admin 07 Des 2022, 17:04:27 WIB PKM Dosen
Meningkatkan Perekonomian Keluarga Dengan Membangun Jiwa Kewirausahaan Anggota Aisyiyah Kota Depok

Perempuan tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga, namun juga berkarir sebagai upaya peningkatan perekonomian keluarganya. Kontribusi ekonomi perempuan berwirausaha berdampak positif terhadap tingkat perekonomian Negara Kegiatan ekonomi tidak hanya didominasi oleh kaum laki-laki. Perempuan berwirausaha mempunyai ketangguhan dalam beradaptasi dengan perkembangan zaman. Perempuan berwirausaha untuk dapat menambah penghasilan keluarga. Wirausaha menjadi pilihan bagi perempuan untuk membuktikan bahwa perempuan juga mampu untuk menciptakan usaha dan mendapatkan penghasilan sendiri. Saat ini kaum perempuan juga menjadi penggerak ekonomi yang tidak dapat dipandang sebelah mata, dengan pengelolaan keuangan yang baik, kondisi perekonomi keluarga menjadi meningkat. Perempuan berwirausaha membagi penghasilannya untuk beberapa kebutuhan antara lain untuk kebutuhan keberlangsungan usahanya, kebutuhan keluarga dan juga berinvestasi ke depannya.

Kami dosen Prodi Akuntansi Program Sarjana; Lia Ira Sahara, Juitania dan Fery Citra Febryanto membantu memberi sosialisai dan edukasi secara langsung dengan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu tugas pokok dosen yang merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan melalui tatap muka secara langsung yang dilaksanakan pada pada hari Sabtu, 19 Juni 2022. Pengabdian ini bertujuan untuk dapat membangun jiwa kewirausahaan untuk meningkatkan perekonomian keluarga melalui usaha yang disukai dan sesuai dengan keterampilan ibu-ibu, meningkatkan kemapanan kehidupan ekonomi keluarga merupakan suatu keadaan yang menunjukkan tingkat keberadaan suatu keluarga yang dilihat dari terpenuhinya kebutuhan pokok rumah tangga, dan memupuk motivasi yang tinggi perempuan dalam berwirausaha. Para Ibu-ibu anggota Aisyiyah Kota Depok antusias menyimak penyampaian materi dan juga aktif dalam sesi tanya jawab pada saat kegiatan berlangsung.

Kami berharap Upaya meningkatkan Hasil pengabdian masyarakat ini diharapkan menjadi landasan bagi ibu-ibu yang ingin menggali lebih dalam tentang fenomena perempuan dalam wirausaha. Selain itu, hasilnya memberikan gambaran dalam upaya peningkatan perekonomian keluarga melalui berwirausaha. Pemerintah daerah juga dapat menggunakan hasil ini untuk mengawali langkah dalam memberikan pelatihan dan kemudahan dalam permodalan usaha bagi perempuan.

Penulis : Juitania, Dosen Prodi Akuntansi Program Sarjana




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment