Mengembangkan Minat dan Bakat Melalui Kemajuan Teknologi

By admin 29 Nov 2023, 06:44:13 WIB PKM Mahasiswa
Mengembangkan Minat dan Bakat Melalui Kemajuan Teknologi

Pada tanggal 12 Oktober 2023, kegiatan Pengabdian Mahasiswa Masyarakat (PMKM) menghadirkan sentuhan teknologi di SD Negeri Pondok Bahar 5, Jalan Ciledug Indah II Poncol, Peduren, Kec. Karang Tengah, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Diikuti oleh 31 peserta dari kelas 5A SD Negeri Pondok Bahar 5, kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa aktif Universitas Pamulang, Andi Amalia Putri, Andriyani Ciptaningtyas, Atika Zahra, dan Elly Rahmalia Sunandi, dengan bimbingan Ibu Meta Nursita, S.E., M.Ak., selaku Dosen Universitas Pamulang.

Dengan tema "Mengembangkan Minat dan Bakat Melalui Kemajuan Teknologi," PMKM ini bertujuan memberikan wawasan kepada siswa/i kelas 5A SD Negeri Pondok Bahar 5 tentang cara menemukan minat dan bakat mereka dengan memanfaatkan teknologi terkini. Mahasiswa memberikan informasi tentang pemilihan platform pembelajaran online yang interaktif dan aplikasi kreatif untuk merangsang imajinasi anak-anak. Dalam presentasinya, mahasiswa menyoroti pengaruh kemajuan teknologi dalam mengembangkan minat dan bakat siswa/i SD. Mereka membahas aplikasi pembelajaran berbasis game dan permainan edukatif yang membuat pembelajaran menjadi pengalaman menyenangkan, memungkinkan siswa/i mengembangkan keterampilan kognitif dan logika sambil mengejar minat pribadi.

Tidak hanya itu, para mahasiswa juga menyoroti teknologi yang memfasilitasi siswa/i SD untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan lebih mudah. Dengan perangkat lunak dan aplikasi yang tersedia, siswa/i dapat menciptakan seni digital, cerita, dan karya kreatif lainnya, membantu mereka mengembangkan minat dalam seni dan kreativitas. Pentingnya pengawasan dan bimbingan dalam penggunaan teknologi pada siswa/i SD ditekankan, agar penggunaannya terintegrasi dengan baik dalam kurikulum pendidikan tanpa mengorbankan aspek penting lainnya, seperti interaksi sosial dan keseimbangan antara aktivitas digital dan kehidupan nyata.

Kegiatan PMKM di SD Negeri Pondok Bahar 5 berjalan dengan sukses, dengan partisipasi siswa/i yang sangat antusias dan tertib. Materi yang disampaikan oleh mahasiswa berhasil diserap dengan baik, memberikan pemahaman yang lebih luas dan menambah wawasan siswa/i kelas 5A SD Negeri Pondok Bahar 5

Penulis : Andi Amalia Putri.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment