Edukasi Penyebab Tindakan Bulliying Pada Anak Akibat Pengaruh Game Online dan Sosial Media

By admin 29 Nov 2023, 06:49:25 WIB PKM Mahasiswa
Edukasi Penyebab Tindakan Bulliying Pada Anak Akibat Pengaruh Game Online dan Sosial Media

Pada tanggal 12 Oktober 2023, Mahasiswa Universitas Pamulang meraih kesuksesan dalam kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) di SDN Pondok Bahar 5. Tim mahasiswa yang terdiri dari Firanda Agustin Lestari, Ajeng Novita Anggraeni, Marsya Anindita Putri, dan Arnita Listiani, dibimbing oleh Bu Meta Nursita, S.E., M.Ak. Kegiatan ini turut dihadiri oleh kepala sekolah, Bu Wiwin Marlianih, S.pd., wali kelas, Pak Abdul Khodir Jaelani, S.pd., serta para siswa dan siswi kelas 5B/VB.

PMKM kali ini bertujuan memberikan sosialisasi kepada siswa dan siswi kelas 5 SDN Pondok Bahar 5B/VB mengenai bahaya tindakan bullying di media sosial atau saat bermain game online. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan membekali anak-anak dengan pemahaman untuk tidak terlibat dalam tindakan bullying di lingkup sekolah maupun di luar sekolah. Sosialisasi disampaikan dengan penjelasan yang mudah dipahami oleh para siswa dan siswi. Acara PMKM ini menjadi menarik dan seru, dengan tingkat antusiasme yang tinggi dari para murid saat pemaparan materi dan sesi tanya jawab. Beberapa materi yang disampaikan meliputi pengertian bullying, macam-macam bullying, serta dampak bullying. Ketika narasumber memberikan penjelasan, siswa dan siswi sangat mendengarkan dengan baik.

Dalam sesi tanya jawab, ada pertanyaan menarik mengenai upaya dalam mencegah tindakan bullying. Mahasiswa dengan bijak menjawab, memberikan beberapa cara yang efektif, seperti merangkul teman sekelas, melaporkan kepada wali kelas jika terjadi bullying, dan memberikan dukungan kepada teman yang menjadi korban bullying. Sebelum pemaparan materi, tim mahasiswa juga menggelar games dengan hadiah permen lollipop dan snack untuk meningkatkan interaksi dan keceriaan siswa/siswi. Selain itu, kuiz menarik diadakan untuk melatih tingkat pemahaman mereka, dengan hadiah berupa alat tulis.

Kegiatan PMKM di SDN Pondok Bahar 5 berlangsung dengan baik dan lancar, diikuti dengan senang hati oleh murid kelas 5B/VB. Tingginya antusiasme para siswa/siswi menandai kesuksesan PMKM dalam memberikan pemahaman dan solusi terhadap isu sensitif seperti bullying di kalangan anak-anak.

Penulis : Firanda Agustin Lestari




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment