Dosen Prodi Akuntansi UNPAM Mengadakan Pengabdian di Sekolah Menengah Pertama Islam Cepu

By admin 22 Sep 2023, 13:52:24 WIB PKM Dosen
Dosen Prodi Akuntansi UNPAM Mengadakan Pengabdian di Sekolah Menengah Pertama Islam Cepu

Dosen dari Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang telah mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema "Pemberdayaan Siswa dan Siswi Sekolah Menengah Pertama Islam Cepu, Jawa Tengah, dalam Peningkatan Motivasi Belajar, Wawasan Berpikir, dan Kewajiban Belajar ke Jenjang Perguruan Tinggi." Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 18-20 September 2023, di Sekolah Menengah Pertama Islam Cepu, Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan merupakan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang. Tim pengabdian ini terdiri dari beberapa anggota, di antaranya: Muhammad Rizal Saragih (Ketua Pelaksana), Mawardi Nurullah, Sujarwo, Prima Sadewa, Rusdi, Hamida Hunein, Julian Muhammad Hasan, dan Liana Dwi Septiningrum.

Dalam kegiatan ini, tim dosen memberikan seminar dengan tema yang telah disebutkan sebelumnya. Tujuan dari seminar ini adalah untuk memotivasi peserta, khususnya siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama Islam Cepu, agar termotivasi untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang perguruan tinggi. Muhammad Rizal Saragih, ketua tim dosen, menyampaikan harapannya, "Semoga dengan seminar ini, para siswa dan siswi SMP Islam Cepu, Jawa Tengah, dapat meningkatkan motivasi dan wawasan berpikir mereka sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi."

Selain itu, Sujarwo menekankan bahwa pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pendidikan kepada semua warga Indonesia hingga perguruan tinggi. "Pemerintah Republik Indonesia berkomitmen untuk memberikan akses dan kemudahan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, melalui program beasiswa perguruan tinggi negeri dan luar negeri yang diselenggarakan oleh Lembaga LPDP di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia," ujar Sujarwo.

Dr. Rusdi, S.P., M.Si., juga memberikan wawasan tentang pentingnya pendidikan dalam menciptakan pemikiran yang luas dan berguna dalam meraih cita-cita para siswa dan siswi.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa, siswi, dan dewan guru SMP Islam Cepu, yang dipimpin oleh Bapak H. Arif Fauzan, S.Ag., selaku Kepala Sekolah SMP Islam Cepu, Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini, Bapak Arif mengucapkan terima kasih atas kunjungan dosen dari Universitas Pamulang, khususnya dari Program Studi Akuntansi. Beliau juga menyatakan, "Alhamdulillah, berkat kegiatan ini, seluruh siswa dan siswi kami semakin paham akan pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi."

Peserta seminar tampak sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan oleh para pemateri, dan banyak dari mereka aktif bertanya dan berdiskusi. Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Penulis : Muhammad Rizal Saragih




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment