Upaya Menurunkan Tingkat Stress Siswa/I Yayasan Rumah Tahfidz Berkah Qur\'an
Yatim dan Dhuafa Akibat Belajar Online Melalui Teknik Coloring Pada Tas Lukis

By admin 20 Jul 2022, 13:23:03 WIB PKM Mahasiswa
Upaya Menurunkan Tingkat Stress Siswa/I Yayasan Rumah Tahfidz Berkah Qur\

PKM adalah singkatan dari Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat. Kegiatan PKM adalah wujud nyata adanya penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, inovasi teknologi atau karya tulis di kalangan mahasiswa, dengan Judul P(m)KM kami yang bertemakan “upaya menurunkan tingkat stress  siswa/i yayasan rumah tahfidz berkah qur'an yatim dan dhuafa akibat belajar online melalui teknik coloring pada tas lukis”. Terdiri dari Tim yang beranggotakan 5 orang, dan 13 orang peserta anak berusia kisaran 9-15 tahun. yang dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 22 Mei 2022, Jam 13.00 – 16.00 WIB di Yayasan  Rumah Tahfidz Berkah Qur’an Yatim dan Dhuafa Pamulang, P(m)KM ini kami laksanakan sebagai syarat untuk mendapatkan CISS yang digunakan sebagai salah satu syarat skripsi. P(m)KM dilaksanakan dengan sasaran anak usia dibawah 17 tahun, karena tema yang kami usul kreatifitas menggambar di tas kanvas, yang diikuti oleh 13 orang anak Yayasan rumah tahfidz berkah qur'an yatim dan dhuafa. 

Adapun tahapan pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui teknik coloring pada tas lukis ini, adalah: 1) tim pengabdian melakukan kunjungan ke Yayasan Rumah Tahfidz Berkah Qur’an Yatim dan Dhuafa untuk melakukan survey dan menyampaikan tujuan kegiatan yang sudah disusun kepada pimpinan Yayasan dan juga guru pendamping; 2) tim pengabdian menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk siswa/i berupa tas kanvas, cat lukis, kuas lukis dan palet cat; 3) tim pengabdian mengintruksikan kepada guru pendamping untuk mendampingi siswa/i; 4) tim pengabdian menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan kepada siswa/i dan guru pendamping; 5) tim pengabdian membagikan kas kanvas, kuas lukis, cat lukis dan palet cat kepada siswa/i untuk dilukis; 6) tim pengabdian memberikan pengarahan kepada siswa/i mengenai teknik coloring dan membimbing siswa/i untuk melukis teknik coloring pada tas kanvas.

Setelah kegiatan melukis berakhir, dari kegiatan tersebut didapatkan hasil yang sangat memuaskan, yaitu siswa/i terlihat sangat senang dengan kegiatan melukis tersebut. Tim pengabdian juga mengajukan pertanyaan kepada beberapa siswa/i mengenai tingkat stress yang mereka alami selama belajar online. Dari jawaban beberapa siswa/i tersebut diketahui mereka merasa tingkat stress yang mereka alami akibat belajar online mengalami penurunan. Selain itu para siswa/i juga dapat menggunakan keterampilan motorik mereka ketika melukis pada tas kanvas. Kegiatan melukis pada tas kanvas ini juga dapat membuat siswa/i mengetahui cara menciptakan warna baru. Kegiatan yang melibatkan 13 siswa/i dan 1 guru pendamping ini juga dapat memperat pertemanan antar siswa/i dan juga guru pendamping sehingga dapat membangun kerjasama yang baik.

Penulis :  Virda Mutiara, Mahasiswa Prodi Akuntansi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment