Seminar Nasional UMKM Go Digital - Akselerasi Perubahan Transformatif Menuju UMKM Adaptif

By Yulianto 28 Nov 2022, 17:37:12 WIB Seminar Nasional
Seminar Nasional UMKM Go Digital - Akselerasi Perubahan Transformatif Menuju UMKM Adaptif

Tangerang Selatan, Prodi Akuntansi Program Sarjana Universitas Pamulang mengadakan acara Seminar Nasional yang bertemakan UMKM Go Digital “Akselerasi Perubahan Transformatif Menuju UMKM Adaptif” acara dilaksanakan secara hybrid di ruang teleconference Universitas Pamulang kampus 2 dan diikuti peserta mahasiswa secara online dengan zoom video confrence. (24/11/22)

Acara dibuka oleh Rodiyah mahasiswa prodi Akuntansi Program Sarjana UNPAM selaku master of ceremony, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bagas Wicaksono mahasiswa Prodi Akuntansi Program Sarjana UNPAM. Pada kesempatan acara ini ditampilkan tarian khas daerah Tanggerang Selatan oleh mahasiswi-mahasiswi UNPAM yang tergabung dalam sanggar Akuntari.

Adapun tujuan diselenggarakan acara ini selain seminar nasional dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) juga launching aplikasi catatkas.id sebagai alat penyusunan laporan keuangan sederhana bagi UMKM yang menjadi mitra dalam kegiatan PKM dosen.

Dalam sambutannya Ketua Prodi Akuntansi Program Sarjana Universitas Pamulang, Ibu Effriyanti, S.E. Akt., M.Si., CA. menyampaikan laporan kegiatan seminar nasional dan PKM beserta launching aplikasi catatkas.id.

Sambutan selanjutnya oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya yaitu Bapak Dr. (H.C.). Drs. H. Darsono beliau menyampaikan “ucapkan terima kasih kepada Prodi Akuntansi yang telah menyelenggarakan kegiatan ini bahwa UMKM harus Go Digital dimana biasanya UMKM adalah praktisi yang tidak mengenal teori namun bisa memenuhi kebutuhan keluarganya secara mandiri sehingga harus mampu beradaptasi dengan teknologi saat ini sehingga tidak tersisih dengan adanya persaingan-persaingan dan tentunya menjadi solusi bagi UMKM”.

Sambutan selanjutnya oleh Rektor Universitas Pamulang, Bapak Dr. E. Nurzaman, A.M, M.M, M.Si. sekaligus membuka acara Seminar Nasional, Pengabdian Kepada Masyarakat dan launching aplikasi catatkas.id.

Acara selanjutnya dipandu oleh Ibu Putri Nurmala S.E., M.Si. selaku moderator, beliau merupakan salah satu Dosen Prodi Akuntansi Program Sarjana Universitas Pamulang.

Materi pertama dibawakan oleh Bapak Yossy Yoswara Selaku Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, kemudian Bapak Warman Syanudin selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tanggerang Selatan dan Bapak Sarnata S.P. Selaku Alumni Wirausaha Muda Mandiri Bank Mandiri Tbk dan Founder Arenta Corporation.

Acara yang diadakan di Universitas Pamulang oleh para dosen PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Yaitu dosen dari Universitas Pamulang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja, Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Universitas Halu Oleo Kendari, Universitas Swadaya Gunung Jati, STIE Ekuitas Bandung, Serta Universitas Sutomo.

Sementara itu dari pihak UMKM ada 41 UMKM yang gabung dari komunitas UMKM Pamulang Estate dan UMKM PKCS. Acara ini dikuti oleh peserta dari Mahasiswa/i baik dari Universitas Pamulang dan dari beberapa Universitas lainnya dengan jumlah sebanyak 3.000 peserta melalui zoom meeting dan offline di ruang teleconference.

Ibu Effriyanti, S.E.Akt., M.Si., CA. selaku Ketua Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang sangat mendukung acara ini karena seperti yang dikatakan beliau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibentuk oleh rakyat, berkembang untuk rakyat, dan bermanfaat untuk rakyat. Saat sekarang UMKM telah mampu memperlihatkan kekuatannya bertahan selama pandemi dan setelah pandemic, akan tetapi banyak juga UMKM yang bergeser yang tergelincir dan kemudian hilang jika melihat pada pengamatan. Oleh karena itu, peran dunia pendidikan di Universitas dalam ranah kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi berkolaborasi dalam wujud pendampingan menjadi penting, ini merupakan pelaksanaan simbiosis mutualisme antara UMKM dan perguruan tinggi (UNPAM) bersama tujuh perguruan tinggi lainnya.

Pada acara ini terdapat 3 agenda utama, yaitu launching dari Software Catatkas.id. launching software ini merupakan tindak lanjut dari output kegiatan belajar mengajar yang merupakan persembahan dari program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang. Lalu dilanjutkan dengan acara Seminar NASIONAL UMKM GO DIGITAL “Akselerasi Perubahan Transformatif Menuju UMKM Adaptif”. Dan yang terakhir adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen.

Adapaun materi yang dibawakan oleh masing-masing Narasumber, yaitu dari bapak Yossy Yoswara yang membahas mengenai Kebijakan Bank Indonesia Dalam Pengembangan UMKM Digital. Lalu dilanjutkan pembahasan dari Bapak Warman Syanudin yaitu tentang Visi dan Misi Walikota Tangerang Selatan dan terakhir dari Bapak Sarnata S.P. membahas mengenai Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Pada Acara ini dibekali aplikasi catatkas.id untuk memudahkan pihak UMKM dalam menyusun laporan keuangan usahanya agar lebih menguasai digitalisasi dan modernisasi technologi. Kepada peserta yang telah memberikan pertanyaan diberikan doorprise oleh panitia sebagai apresiasi atas partisipasi dan respon baik para UMKM atas terselenggaranya acara ini.

Atas terselenggaranya acara ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bidang ilmu dari para dosen yang telah mengikuti kegiatan pendampingan kepada para UMKM yang menjadi mitra Pengabdian Kepada Masyarakat. Dan harapannya kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dan memberikan kebermanfaat bagi masyarakat khususnya mitra UMKM.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment