BIMBANGAN AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN DASAR
Bagi Binaan Yayasan Manusia Indonesia Baru – Victory Outreach Bandung

By Yulianto 26 Jul 2022, 14:23:39 WIB PKM Dosen
BIMBANGAN AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN DASAR

NAPZA adalah kepanjangan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya yang merupakan sekelompok obat, yang perpengaruh pada kerja tubuh terutama otak. Satu sisi narkoba merupakan obat atau bahan yang bermanfaat di bidang pengobatan, pelayanan kesehatan, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Namun, di sisi lain dapat menimbulkan ketergantungan apabila dipergunakan tanpa adanya pengendalian.

Pengunaan NAPZA secara berlebihan dapat mengakibatkan ketergantungan dana tau kecanduan NAPZA, sehingga untuk mengatasi ketergantungan NAPZA, salah satunya melalui proses rehabilitasi. Rehabilitasi merupakan salah satu upaya dalam menyelamatkan para pecandu dari ketergantungan NAPZA dan bahaya yang menyertainya.

Setelah menjalani masa rehabilitasi, para korban penyalahgunaan NAPZA, akan kembali pada keluarga dan masyarakat dimana mereka berada. Para korban penyalahgunaan NAPZA selanjutnya melanjutkan dan mulai menata “kehidupan baru” masing-masing.

Yayasan Manusia Indonesia Baru merupakan yayasan independen dengan fokus mensosialisasikan bahaya narkoba dan adiksi lainnya serta memberikan bimbingan kepada pengguna narkoba dan keluarganya. Yayasan Manusia Indonesia Baru berkedudukan di Tangerang Selatan, memiliki visi: membangun manusia Indonesia untuk masa depan yang berintegritas, berkarakter, dan bermartabat. Untuk mencapai visi tersebut, Yayasan Manusia Indonesia Baru memiliki misi:

  • Berbagi informasi mengenai ketergantungan melalui berbagai macam media.
  • Sosialisasi perkembangan dan dampak dari ketergantungan ke masyarakat.
  • Memberikan penanganan korban ketergantungan melalui konseling, komunitas dan Rumah Singgah.

Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Sarjana Akuntansi, Universitas Pamulang, yang terdiri dari: Thom DL Doaly, SE., Ak., CA., MAk,. Alexander Raphael, S. Sos., M. Ak., BKP,. I Ketut Wenten, SE., MM, berpartisipasi dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk memberikan bimbingan terkait akuntansi dan perpajakan dasar bagi para mantan pecandu NAPZA.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan untuk para mantan pecandu NAPZA yang telah melalui proses rehabilitasi yang dilakukan oleh Yayasan Manusia Indonesia Baru. Berbagai macam proses rehabilitasi yang difasilitasi Yayasan Manusia Indonesia Baru, dilalui oleh para korban penyalahgunaan NAPZA. Tidak hanya berhenti sampai pada rehabilitasi, Yayasan Manusia Indonesia Baru juga berinisiatif memberikan semangat dan “modal” bagi mantan binaannya dengan berbagai kegiatan penunjang. Salah satunya memberikan kesempatan dosen memberikan pengetahuan terkait bidang yang dimilikinya untuk menambah semangat dan memotivasi mantan pecandu yang telah melalui proses rehabilitasi, dalam menata kehidupannya bersama keluarga dan masyarakat.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan di Victory Outreach Bandung, dimana Victory Outreach ini merupakan rekanan dari Yayasan Manusia Indonesia Baru. PKM dihadiri oleh 12 peserta yang merupakan pengurus, dan warga binaan.

Sesi awal dibuka dengan doa bersama dan sambutan dari pengurus Victory Outreach Bandung. Ibu Ike Mokalu selaku pengurus Victory Outreach Bandung berterima kasih kepada para dosen yang meluangkan waktu dan membagikan pengetahuan bagi warga binaanya. Beliau juga barharap bahwa kegiatan ini dapat berlanjut dikemudian hari.

Sesi selanjutnya, pemaparan materi oleh Thom DL Doaly., SE., Ak., CA., M. Ak. terkait akuntansi dasar. Materi lebih ditekankan pada apa saja profesi terkait akuntansi yang perlu diketahui oleh warga binaan. Pemaparan materi terkait profesi akuntansi ini diharapkan membuka wawasan dan membuka peluang kerja pada warga binaan terkait profesi-profesi akuntansi, seperti akuntan internal, akuntan external, akuntan pemerintahaan, dan akuntan pendidik. Dan memotivasi para warga binaan bahwa akuntan pasti dibutuhkan oleh dunia usaha, sehingga dapat menjadi salah satu pilihan karir.

Pemaparan materi selanjutnya oleh Alexander Raphael, S. Sos., M. Ak., BKP terkait perpajakan dasar. Materi ditekankan pada pemahaman dasar perpajakan terkait apa itu Pajak, macam-macam Pajak Penghasilan, dan Pajak Pertambahan Nilai. Pemaparan materi dasar perpajakan dikarenakan sebagian besar audience adalah generasi muda yang masih punya masa depan yang panjang, maka kami juga memberikan wawasan terkait profesi di bidang perpajakan seperti Pengawai Pajak dilingkungan DJP, Tax Planner di Kantor Akuntan Publik, Tax Advisor di Kantor Konsultan Pajak, Konsultan Pajak & Tax Officer di Perusahaan atau Group Perusahaan.

Pelayanan Kepada Masyarakat di Yayasan Manusia Indonesia – Victory Outreach Bandung tidak berhenti sampai disini, tetapi kami merencanakan untuk melakukan secara berkelanjutan sekaligus memberi motivasi kepada para mantan korban narkoba khsususnya pada generasi muda agar mereka bisa menjadi manusia yang berguna di tengah masyarakat. Sesi terakhir adalah tanya jawab. Peserta antusias dan aktif bertanya terkait materi yang disajikan oleh para dosen.

Penulis : Thom DL Doaly, SE., Ak., CA., MAk, Dosen Prodi Akuntansi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment