Analisis Fundamental Galeri Investasi Universitas Pamulang

By Yulianto 05 Jun 2022, 10:37:10 WIB Galery Investasi
Analisis Fundamental Galeri Investasi Universitas Pamulang

Penulis: Zahrita – Anggota Galeri Investasi UNPAM

Dalam melakukan investasi saham, diperlukan beberapa analisis agar dapat menjadi investor yang sukses di kemudian hari. Salah satu analisis yang biasa digunakan oleh para investor adalah analisis fundamental. Analisis fundamental adalah metode analisis perusahaan yang didasarkan pada faktor-faktor fundamental ekonomi suatu perusahaan termasuk sisi kinerja keuangan dan bisnis perusahaan. Analisis ini menitik beratkan pada rasio finansial dan kejadian - kejadian yang secara langsung maupun tidak langsung memengaruhi kinerja keuangan perusahaan.

Pada Jumat, 11 April 2022 Galeri Investasi Universitas Pamulang telah melaksanakan kegiatan Analisis Fundamental yang dilakukan secara Onlinemenggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting App. Kegiatan ini merupakan salah satu solusi bagi investor pemula, yang bingung dalam memilih perusahaan yang bagus secara fundamental laporan keuangan untuk diinvestasikan. Dalam Kegiatan ini para peserta akan mendapatkan pemaparan cara menghitung valuasi suatu perusahaan melalui rasio-rasio laporan keuangan yang ada.

Kegiatan kali ini dihadiri oleh Ibu Rosita Wulandari, S.E., M.M selaku Direktur Galeri Investasi Unpam,Kak Patrick Salim. S.Ak. Selaku Alumni Galeri Investasi Universitas Pamulang Tahun 2019 sekaligus praktisi Pasar Modal,panitia serta para peserta yang hadir sebanyak 128 orang.

Kegiatan Analisis Fundamental ini dimulai sejak pukul 09.15 WIB yang diawali dengan pembukaan olehKak Shanda Aprilianiselaku MC, lalu pembacaan doa oleh Kak Iqbal Dwika Prasetya, selanjutnya sambutan dari Direktur Galeri Investasi Unpam yaitu Ibu Rosita Wulandari, S.E., M.M. yang menyatakan bahwa “Kegiatan Analisis Fundamental ini merupakan program kerja unggulan dari Galeri Investasi setelah Sekolah Pasar Modal”,setelah itu dilanjutkan olehKak Syifa Pavita Basuki selaku moderator, kemudianpemaparan materi oleh narasumber yang sudah berpengalaman dibidangnya yaitu Kak Patrick Salim. S.Ak. Selaku Alumni Galeri Investasi Universitas Pamulang Tahun 2019 sekaligus praktisi Pasar Modal. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pada sesi ini antusiasme dari partisipan mengenai kegiatan Analisis Fundamental sangat terasa, hal ini dapat dilihatdaripara partisipan yang berlomba-lomba mengajukan pertanyaan untuk dijawab langsung oleh narasumber.

Pada akhir acara yang juga bisa disebut sebagai puncak acara kegiatan ini, terdapat sesi doorprizedengan hadiah yang diberikan untuk dua orang penjawab tercepat dan benar.Dengan diadakannya sesi doorprize,semakinmenambaheuforiakegiatan ini. Kegiatan Analisis Fundamental selesai dilaksanakan pada pukul11.25 WIB. Semoga dengan adanya kegiatan ini para partisipan diharapkan dapat paham bagaimanacara menghitung fundamental perusahaan agar dapat berinvestasi dengan bijak dan penuh perhitungan yang matang.

Gambar 1. Peserta kegiatanAnalisis Fundamental

Gambar 2.Pembacaan Do’a Oleh Kak Iqbal Dwika Prasetya

Gambar 3. Sambutan dari Ibu Rosita Wulandari, S.E., M.M.
selaku Direktur GI UNPAM

Gambar 4.Presentasi materi dilakukan olehKak Patrick Salim. S.Ak.
Selaku Alumni Galeri Investasi Universitas Pamulang sekaligus praktisi Pasar Modal.

Gambar 5. Sesi Doorprize yang dipandu
oleh Kak Shanda Apriliani selaku MC

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment