Dosen Prodi S1 Akuntansi UNPAM Mengadakan PKM Tentang “Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini” di TK Kuncup Harapan Pamulang Permai I, Tangerang Selatan

pkm-di-tk

       pkm-di-tk3

  Salah satu kewajiban dosen adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen adalah dengan melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyakarat (PKM). Pada Jumat, 9 Februari 2018 dengan mendapat sambutan yang baik dari kepala sekolah TK Kuncup Harapan Pamulang Permai I Bapak Drs. Purwadi HP, MBA., beberapa dosen dari Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berbagi ilmu tentang “Pentingnya Menabung Pada Usia Dini” kepada sekitar 10 orang siswa yang duduk dikelas B. Kegiatan ini membekali para siswa yang masih duduk di sekolah Taman Kanak-Kanak agar bisa belajar menabung dengan menyisihkan uang saku yang didapat dari orang tua mereka.

  Para peserta yang usianya masih sangat belia, mereka sangat senang mengikuti penjelasan dari para dosen. Disini para dosen memiliki tantangan tersendiri dikarenakan harus menggunakan bahasa yang sangat sederhana agar mudah dipahami oleh para siswa yang masih sangat belia usianya.

       pkm-di-tk2

  Para dosen memberikan celengan yang terbuat dari kaleng, kemudian para siswa diminta langsung mengisi uang saku yang ada agar mengerti bagaimana cara menabung. Memberikan pembelajaran cara menabung pada usia dini bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan memberikan celengan yang terbuat dari tanah liat, dari kaleng ataupun dari bahan plastik yang memiliki bentuk juga warna-warna yang menarik bagi anak-anak.

  Para dosen juga memberikan gambaran bagaimana jika para siswa ingin menabung ke lembaga perbankan misalnya ke bank, dengan menunjukan gambaran situasi dan cara menabung di bank dan tak lupa dijelaskan bahwa anak-anak yang masih berusia belia harus didampingi orang tua atau walinya untuk bisa memiliki tabungan di sebuah bank. Pelaksanaan PKM tersebut diketuai oleh Ibu Rakhmawati Oktavianna, SE., MM., beberapa dosen Akuntansi S1 lainnya adalah Ibu Rini Septiowati S.E., M.M, Ibu Sevty Wahiddirani Saputri S.Kom, M.M, Ibu Silvia Sari S.P., M.Si dan Ibu Nining Suryani S.Pd., M.M.