Temu Kenal Dosen (TKD) Jilid III

img-20180121-wa0088-2

       img_6587

  Temu kenal dosen (TKD) yang diadakan setiap tahunnya oleh Program Studi S1 Akuntansi, untuk ketiga kalinya ini diselenggarakan di Situ Gintung. Antusias dosen mengikuti ajang silaturahmi tak lepas dari kecintaannya terhadap Program Studi S1 Akuntansi, ajang ini juga bukan mengenal antar dosen saja, tetapi juga antar keluarga dosen. Karena itu panitia mengusung tema silaturahmi, agar diantara rekan kerja dan keluarganya saling mengenal. Pepatah lawas “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”. Tentunya agar kasih sayang yang terbangun menciptakan gagasan-gagasan yang baru nan cemerlang untuk kemajuan UNPAM ke depan terlebih Program Studi S1 Akuntansi.

  Menuju ke tempat acara perlu kesabaran karena lalu lintas sangat macet. Tentu saja suasana yang memang macet di daerah Ciputat, ditambah peserta TKD 3 yang mencapai 200 dosen. Tapi lelah inipun terbayarkan karena melihat senyum dan sambutan teman-teman dosen yang satu perjuangan. Moment inipun menjadi moment yang diabadikan dalam foto dan video. Baik yang ikut atau yang belum berkesempatan ikut TKD 3 juga dapat ikut merasakan kebahagiaan yang sama.

  Dari sudut vertical dan horizontal agenda tahunan ini sangat berkesan. Secara vertical, kita bisa melihat dari sudut religi. Semua agama mengajarkan agar membangun persaudaraan yang tulus dan penuh kasih sayang. Inilah makna kemanusiaan. Sedang dari sudut horizontal ajang TKD membangun kedekatan stuktural. Dari Kaprodi, dosen berbagai tingkatan ring, staf akademik menjalin kebersamaan. Inilah keadilan. Tak akan mungkin kita membangun bangunan yang megah, jika arsitek, mandor, kuli, hingga toko matrial tidak bekerja sama. Kemanusiaan dan keadilan adalah pondasi dalam bangunan yang kuat nan megah. Pada TKD 3 ini, panitia sangat luar biasa karena menciptakan game-game membangun kebersamaan dan bagaimana bekerja sama diantara kita semua.

  Tawa-tawa yang mengartikan sejuta kalimat, “Ku sempatkan waktuku untuk bahagia bersamamu, ku luangkan hatiku untuk untuk mengenalmu, ku renungkan akalku untuk mengerti pemikiranmu, ku atur emosiku agar menjadi satu bersamamu” agar nanti saat bekerja sama tercipta suasana nyaman dan kondusif. Tawa-tawa memecah suasana seakan makin sempit lapangan saat SKJ, suasana yang dibangun TKD 3 ini mengingatkan saat dulu di bangku sekolah yang setiap pagi melakukan SKJ. Lupa dengan gerakan tapi asyik mengikuti alunan mengugah semangat. Game joget-pun dimulai dengan diiringi suasana musik membawa badan bergoyang melupakan lelahnya kerja.

  Suasana santai memberikan kenyamanan semua dosen yang hadir beserta keluarganya. Di sudut-sudut pojok menghindari musik, antar dosen saling bertanya tentang jabatan fungsional, siskemu, jurnal, penelitian, dan karya. Di sisi lain antar dosen mengenalkan aktivitas di kantor cabangnya, di sisi lain antar dosen saling mengenalkan keluarganya, di sisi lain antar dosen ada yang terkenang dengan pertemuannya hingga menjadi jodoh, di sisi lain banyak yang selfi dan membuat video. Kebersamaanpun saat menikmati makan siang yang disajikan. Ibarat sebuah baju, bahwa kain, benang, mesin, tukang jahit memiliki peranan yang utama. Diantara satu dengan yang lainnya tak ada yang lebih utama. Semua utama hanya peranannya saja yang berbeda.

  Silahturami TKD 3 ini, membangun semangat untuk mengembangkan Program Studi S1 Akuntansi sepenuh hati sesuai peran kita masing-masing untuk jadi program studi yang mampu mewujudkan kemanusiaan dan keadilan. Memajukan UNPAM sebagai universitas terbaik bukan hanya nasional tapi juga berkelas internasional. Program Studi S1 Akuntansi Juara… Juara… Juara…