Dosen Award 2017 Program Studi S1 Akuntansi

img-20180120-wa0071-3

       img-20180120-wa0071-3

  Berbagai upaya untuk peningkatan kinerja dan prestasi Program Studi S1 Akuntansi terus dilakukan. Salah satu agenda peningkatan yang dilakukan di awal tahun 2018 adalah dengan pemilihan “Dosen Award 2017”. Profesi dosen adalah pilihan, maka peningkatan kualitas dan profesionalitas untuk menjaga marwah dosen perlu terus dikembangkan. Pemilihan dosen terbaik sangatlah sulit karena pada dasarnya jika kapasitasnya dosen maka tentu mereka adalah orang yang mumpuni dibidangnya. Dalam istilah Personal SWOT Analysis, pekerjaan dosen adalah pekerjaan yang dicintai karena sudah melalui penyaringan dari berbagai macam pekerjaan yang disukai, mengenali kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta memahami peluang dan tantangan. Program Studi S1 Akuntansi merekrut orang-orang pilihan dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebagai standar kualitas dosen yang harus dijaga. Karena para dosen inilah yang menjadi tokoh utama dalam membentuk generasi agen dari perubahan.

  Maka untuk memilih yang terbaik haruslah menggunakan kriteria yang tentu sesuai dengan tugas dosen yaitu tri darma perguruan tinggi. Dosen terpilih harus sudah mengerti dan melakukan tugas utamanya sebagai dosen sebagai satu kesatuan yang utuh. Yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Adapun yang dijadikan aspek dalam penilaian adalah jabatan fungsional, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penilaian mahasiswa, penilaian teman sejawat, penilaian atasan, serta publikasi karya ilmiah.

  Dari 40 dosen yang dimasukkan dalam penilaian pemilihan Dosen Award 2017 sesuai aspek yang telah ditetapkan. Terpilih 10 dosen yang memenuhi kualifikasi ke tahap selanjutnya. Ada dua dosen yang sangat disukai mahasiswa. Mereka adalah Pak Sugeng Samiyono, S.H., M.H. dan Bu Sri Nitta Crissiana Wirya Atmaja, S.S., M.M. Menurut keterangan Bu Nitta, seni mengajarnya didapat dari keteladanan guru SD, SMP, SMA, S1 dan S2. Tentunya tak ketinggalan dari sharring dengan teman-teman dosen S1 Akuntansi semua. Pak sugeng juga tentu memiliki seni tersendiri juga dalam mengajar. Kita patut belajar pada mereka yang terpilih tentang bagaimana cara mengajar, bagaimana bisa diterima mahasiswa dan sebagainya.

  Pada tahapan terakhir dari penilaian Dosen Award 2017, dosen-dosen spesial yang memenuhi kriteria dan aspek yang ditentukan oleh panitia akhirnya dapat ditentukan. Mereka adalah 1) Bu Holiawati, S.E., M.Si., 2) Bu Listya Sugiyarti, S.E., M.M., 3) Bu Nofryanti, M.Akt., 4) Pak Ahmad Syauqy, S.E., M.M., dan 5) Pak Angga Hidayat, M.Pd. Penilaian hanyalah sebuah angka namun mereka telah membuktikannya dengan aplikasi kerja dan keteladanan. Karena keteladanan adalah unsur utama seseorang disebut the best. Apa itu arti the best yaitu mereka yang memahami makna maslahatul mursalah (bermanfaat untuk orang lain). Sebuah hadis menjelaskan tentang makna the best yaitu “orang yang baik adalah  orang yang bermanfaat untuk banyak orang”. Dosen-dosen yang terpilih adalah dosen-dosen yang telah terbukti dedikasinya dan keteladanannya dalam membangun kebersamaan untuk prodi S1 Akuntansi makin jaya.

  Pemilihan Dosen Award 2017 yang terselenggara tak lepas dari strategi dan manajemen seorang pimpinan. Ketua Program Studi berpesan yang perlu menjadi renungan bersama, “Kita semua pada dasarnya terbaik pada bidang kelebihan masing-masing dan seyogyanya belajar dan terus melakukan improvement atas bidang kelemahan masing-masing”. Hal tersebut disampaikan dengan kesederhanaan dan kewibawaan. Program Studi S1 Akuntansi Juara…Juara… Juara…