Kuliah Umum Bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti)

foto-ristek-dikti

foto-ristek-dikti

   Universitas Pamulang pada tanggal 8 Desember 2017 menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Meraih Prestasi Demi Membangun Daya Saing Bangsa Menuju Keunggulan Kompetitor” di Kampus III Universitas Pamulang bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

   Perguruan tinggi harus mampu melakukan terobosan agar unggul dalam persaingan global di era yang disebut oleh Prof. Drs. H. Muhammad Nasir, M.Si, Ak, Ph.D, CA selaku Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) sebagai era ‘disruptive innovation’. Di era ini perguruan tinggi harus mampu menciptakan inovasi agar mampu berkompetisi.

   Universitas dengan biaya pendidikan murah tidak selalu identik dengan kualitas yang jelek. Menurut beliau, ada banyak faktor yang membuat universitas bisa menerapkan biaya pendidikan murah. Beliau mencontohkan Universitas Pamulang yang bisa membangun kampus megah tanpa membebani mahasiswa dan mahasiswi dengan uang pembangunan. Keberadaan Unpam ini membuka mata kita semua bahwa universitas murah bukan berarti murahan. Bahkan, kampus yang mahal pun belum tentu sebagus ini fasilitasnya. Unpam merupakan kampus dengan biaya SPP Rp 200 ribu dan tanpa uang gedung, menjadi tempat bersekolah bagi anak-anak dari keluarga miskin.

   Beliau mengatakan “Lulusan terbaik bukan hanya diciptakan dari kampus-kampus hebat. Pada era ‘disruptive innovation’, kampus yang hebat pun nantinya jika tidak berinovasi maka tidak bisa bersaing. Apalagi di era sekarang yang kampus hebat pun bisa gulung tikar kalau tidak ada inovasi”. Apa yang dilakukan Unpam ini jadi contoh bagi lainnya.

   Untuk itu, Pak Menteri berpesan kepada ribuan mahasiswa yang mengikuti kuliah umum tersebut agar bisa menjadi mahasiswa yang berkualitas dan bisa menjadi lulusan terbaik serta mampu menghasilkan inovasi. “Kami pasti akan membantu dan memfasilitasi. Apalagi Universitas Pamulang dekat dengan Puspiptek, resources kami di sana luar biasa, pintar-pintar semua, laboratoriumnya terbaik di Indonesia,” ungkapnya.

   Sementara itu Rektor Universitas Pamulang yaitu Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. mengungkapkan telah melakukan terobosan di Universitas Pamulang. Diantaranya, sukses mewujudkan misi Unpam sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dengan biaya terjangkau, tetap menjaga kualitas. “Unpam merupakan Universitas yang murah tapi bukan murahan, murah yang mampu mencetak produk anak bangsa.