Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) “Pelatihan Akuntansi dan Perpajakan” di Pondok Pesantren Nurul Ihsan, Tangerang Selatan – Banten

pkm-pelatihan-akuntansi-dan-perpajakan

 pkm-pelatihan-akuntansi-dan-perpajakan

Program Studi S1 Akuntansi UNPAM telah menyelenggarakan PKM ke Pondok Pesantren Nurul Ihsan dengan memberikan pelatihan akuntansi dan perpajakan pada tanggal 10, 17, 21, dan 24 September 2017, kepada santri-santri pesantren tersebut untuk memberikan pengetahuan mengenai akuntansi dan perpajakan sebagai bekal mereka di masa depan. Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ihsan merupakan lembaga pendidikan islam sekaligus pemberdayaan masyarakat yang berada di Kampung Momongor RT.001/01 Desa Keranggan Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan yang didirikan oleh Ustadz Sobari pada Tahun 1994, dan di Akta Notariskan pada Tahun 1999 yang sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ihsan.

  Pondok Pesantren Nurul Ihsan memfokuskan diri pada totalitas belajar tentang ketaqwaan, ketrampilan dan pendidikan. Hal ini merupakan harapan umat islam Indonesia dalam membangun masyarakat dan peradaban islam pada masa mendatang serta membentuk tatanan masyarakat Indonesia yang harmonis dan mempunyai integritas moral yang tinggi. Pondok Pesantren Nurul Ihsan mempunyai anak asuhan sebanyak 276 santri yang terdiri dari 146 santri putra dan 130 santri putri dan bersekolah di Sekolah Dasar (SD) sebanyak 10 santri, di MTs/Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 110 santri, di Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 56 santri.

  Pondok Pesantren Nurul Ihsan selainmenyelenggarakan kegiatan pendidikan keagamaan, juga mengadakan pelatihan-pelatihan keterampilan kepada santri guna memupuk bakat dan membekalinya dengan ketrampilan tertentu agar nanti siap terjun di masyarakat ataupun dunia kerja. Pelatihan tersebut diantaranya Perkenalan Akuntansi meliputi pembuatan jurnal jurnal dan pembukuan lainnya, serta pelatihan perpajakan meliputi perkenalan dengan jenis-jenis pajak serta cara menghitung pajak dan melaporkan kewajiban perpajakan.

  Program pelatihan akuntansi dan perpajakan merupakan program yang dipilih karena dianggap penting dan diharapkan dapat memberikan edukasi kepada santri-santri tersebut. Akuntansi dan perpajakan merupakan mata pelajaran yang penting untuk mereka, karena sebagian santri-santri tersebut bersekolah di SMK jurusan Akuntansi dan Perpajakan. Pengetahuan akuntansi dan pajak merupakan bekal mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk berwiraswasta atau untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan menguasai akuntansi dan pajak diharapkan mereka dapat mengelola usaha dengan menyusun laporan keuangan akuntansi dan fiskal sesuai standar yang berlaku.

  Pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan oleh Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang bekerjasama dengan dosen dan mahasiswa di Lingkungan Fakultas Ekonomi Prodi S1 Akuntansi serta didukung oleh LPPM Universitas Pamulang. Kegiatan PKM dilakukan sebagai wujud dari bagian penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam menyusun dan mengembangkan program-program sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.