Studi Banding Di Universitas Sebelas Maret

studi-banding-uns

studi-banding-uns

   Pada akhir bulan Agustus, tepatnya pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2017 rombongan delegasi dari Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang melakukan studi banding di Universitas Sebelas Maret. Kunjungan delegasi dari prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang terdiri dari 10 dosen pengembang yang dipimpin Endang Ruhiyat, S.E., M.M. selaku ketua program studi. Kunjungan ini disambut hangat oleh ketua program studi S1 Akuntansi UNS Solo yaitu Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak. dan kepala laboratorium akuntansi yaitu Christiyaningsih Budiwati, S.E., M.Si., Ak.

   Ketua program studi S1 Akuntansi UNPAM yaitu Endang Ruhiyat, S.E., M.M. mengatakan bahwa kunjungan studi banding ini bertujuan untuk belajar menggali banyak hal terkait dengan penyusunan borang dengan harapan pada tahun 2021 dapat meningkatkan nilai akreditasi Program Studi S1 Akuntansi Unpam dengan target ke depan memperoleh nilai A.

   Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak. mengatakan bahwa pada kurikulum di UNS ada tiga mata kuliah pilihan untuk pendalaman yang terdiri dari syariah, perpajakan, dan akuntansi sektor publik. Selanjutnya untuk ujian akhir Program Studi S1 Akuntansi UNS Solo berupa Ujian Kompetensi Teknisi Akuntansi (UKTA) bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan LSP Teknisi Akuntansi. Tujuannya menghasilkan lulusan yang memiliki standar pelayanan minimal terkait akuntansi dapat terpenuhi.

   Selain persoalan kurikulum dan pembelajaran, studi banding ini juga dibahas mengenai kemahasiswaan, sarana dan prasarana, penelitian dosen dan bidang kerjasama. Usai berdiskusi rombongan delegasi dari prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang diajak mengunjungi beberapa sarana dan prasarana yang dimilliki oleh program studi S1 Akuntansi UNS Solo di gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Acara diakhiri dengan pertukaran cindera mata dan foto bersama.